PENGEMBANGAN MEDIA VISUAL DISPLAY BOARD STRIP STORY UNTUK MENGENALKAN KOSAKATA DALAM CERITA RAKYAT JEPANG HAGOROMO

Authors

  • MEI RENDYANA NUR EKARANI

Abstract

Abstrak

Media visual display board strip story dikembangkan dan diujicobakan dalam penelitian ini untuk mengenalkan kosakata dalam cerita rakyat Jepang Hagoromo. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kelayakan media dan respon siswa terhadap media visual display board strip story. Media visual display board strip story adalah kombinasi dua media yakni media papan peragaan dan media potongan kartu. Potongan kartu dalam penelitian ini terdapat 15 buah per bundel. Karya sastra yang digunakan adalah cerita rakyat Jepang Hagoromo.Hasil dari penelitian ini adalah angket yang berkaitan dengan respon pebelajar mengenai penggunaan media visual display board strip story. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Krembung, yakni kelas X Bahasa. Uji coba dilakukan sebanyak dua kali yakni uji coba produk dan uji coba pemakaian. Jumlah siswa yang terlibat dalam uji coba produk adalah 10 orang, sedangkan jumlah siswa yang terlibat dalam uji coba pemakaian adalah 32 orang. Hasil dari penelitian ini berupa media visual display board strip story layak digunakan untuk mengenalkan kosakata dalam cerita rakyat Jepang Hagoromo dan respon positif siswa terhadap media visual ini. Penelitian ini dilakukan hingga tahap resivi produk kedua.. Ahli materi memberikan penilaian sebesar 91,76% dan 88,23% terhadap isi media. Ahli media memberikan penilaian terhadap konstruksi media sebesar 80%. Sedangkan, angket respon yang diberikan oleh siswa terhadap penggunaan media visual display board strip story memberikan penilaian sebesar 95% dan 90,46%. Hasil penilaian tersebut menunjukkan bahwa media visual display board strip story sangat baik untuk mengenalkan kosakata dalam cerita rakyat Jepang Hagoromo.

Kata Kunci: Pengembangan, media display board strip story, kosakata, cerita rakyat

Abstract

Visual media of display board strip story was developed and tested in this study to introduce the vocabulary in Hagoromos Japanese folklore. The purpose of this study was to determine the media feasibility and student responses over visual media of display board strip story. Visual media of display board strip story is a combination of two media, namely display boards and cards. There are 15 pieces of card in every bundle to support this study. The literary work used is Hagoromos Japanese folklore. The results of this study are questionnaires related to student responses regarding the use of visual media of display board strip story. This research was conducted at SMAN 1 Krembung, specified in the X Language class. The trial was conducted twice the first is product testing and the second one is usage testing. The number of students involved in product testing is 10 people, while the number of students involved in usage testing is 32 people. The results of this study shows that visual media of display board strip story is feasible to use to introduce vocabulary in Hagoromo Japanese folklore and it obtains students positive responses toward this visual media. This research was carried out until the second stage of the product review. The material experts gave an evaluation of 91.76% and 88.23% of the media content. Media experts provide an 80% assessment of media construction. Meanwhile, the questionnaire collected from the students regarding the use of visual media display board strip story resulted in 95% and 90.46%. The results of the assessment shows that the visual media of display board strip story is excellent for introducing vocabulary in Hagoromos Japanese folklore.

Keywords: development, display board story strip visual media, vocabulary, folklore


Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-12-11
Abstract views: 53 , PDF Downloads: 81