THE EFFECT OF TEAM QUIZ ACTIVE LEARNING STRATEGY ON ABILITY TO WRITE JAPANESE SENTENCE PATTERNS IN CLASS XI SMAN 2 SIDOARJO ACADEMIC YEAR 2017/2018

  • STEVIA PRAMITA MEDIANA

Abstract

Abstrak

Kemampuan menulis pola kalimat sangat diperlukan dalam pembelajaran bahasa Jepang. Latar belakang dari penelitian ini adalah siswa SMAN 2 Sidoarjo masih mengalami kesulitan dalam menulis pola kalimat bahasa Jepang. Hal ini dikarenakan siswa kurang berlatih menulis pola kalimat bahasa Jepang dan siswa kurang semangat saat pembelajaran bahasa Jepang berlangsung. Strategi pembelajaran aktif team quiz digunakan dalam pembelajaran menulis pola kalimat bahasa Jepang.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif team quiz terhadap kemampuan menulis pola kalimat bahasa Jepang dan respon siswa terhadap penggunaan strategi pembelajaran aktif team quiz dalam pembelajaran bahasa Jepang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan true experiment design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 2 Sidoarjo dengan sampel kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen.

Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh hasil = 1,753 > = 1,667. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa strategi pembelajaran aktif team quiz berpengaruh terhadap kemampuan menulis pola kalimat bahasa Jepang siswa. Hal tersebut berbanding lurus dengan hasil analisis angket respon siswa yang menunjukkan rata-rata pada aspek motivasi belajar sebesar 79,16% dengan kriteria kuat, pada aspek proses pembelajaran sebesar 82,29% dengan kriteria sangat kuat, dan pada aspek efektifitas pembelajaran sebesar 80,55% dengan kriteria sangat kuat. Hasil dari wawancara yang telah dilakukan menunjukkan bahwa strategi pembelajaran aktif team quiz menarik dan membuat suasana belajar menjadi menyenangkan.

Kata Kunci: strategi pembelajaran aktif, team quiz, kemampuan menulis, pola kalimat, bahasa jepang


Abstract

The ability to write sentence pattern is very necessary in Japanese learning. The background of this research is that the students of SMAN 2 Sidoarjo still have difficulty writing Japanese sentence patterns. This is because students lack of practice writing Japanese sentence and students lack enthusiasm when learning Japanese. The active learning strategy of team quiz for learning to write Japanese sentence patterns.

The purpose of this study was to determine the effect of the active learning strategy of team quiz on Japanese sentence patterns writing ability and students’ responses to the use of active learning strategy of team quiz in Japanese learning. This research is quantitative research using true experiment design. The population in this study were students of class XI IPS SMAN 2 Sidoarjo with the sample XI IPS 2 class as the control class and XI IPS 4 class as the experimental class.

Based on the results of research data analysis, the result of tcount = 1,753> ttable = 1,667. The result of these calculation indicate that the active learning strategy of team quiz has an effect on the student’s ability to write Japanese sentence patterns. This is directly proportional to the results of student response questionnaire analysis which shows an average results of student response questionnaire on aspect of learning motivation is 79,16% with strong criteria, on aspect of learning process is 82,29% with very strong criteria, and on aspect of learning effectiveness is 80,55% with very strong criteria. The result of interviews that have been conducted show that the active learning strategy of team quiz is interesting and makes learning feel fun.

Keyword: active learning strategy, team quiz, writting ability, sentence pattern, japanese

Published
2019-08-08
Section
Articles
Abstract Views: 77
PDF Downloads: 48