THE EFFECTIVENESS OF THE USE OF PPT "NAN-JI DESUKA" AS AUDIOVISUAL MEDIA TOWARD READING VOCABULARY ABILITY IN JAPANESE LANGUAGE OF MA NEGERI 1 MOJOKERTO CLASS XI STUDENTS ON NANJI DESUKA LESSON MATERIAL.

  • DINI DENOK FATMAWATI

Abstract

Abstrak

Pada pembelajaran bahasa Jepang kemampuan membaca kosakata merupakan kemampuan berbahasa yang sangat diperlukan. Media Audio Visual PPT “NAN-JI DESUKA” untuk pebelajaran kosakata bahasa Jepang materi nanji desuka digunakan pada penelitian ini. Materi pelajaran yang ada pada materi nanji desuka yaitu tentang jam dan menit dalam bahasa Jepang.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media Audio Visual PPT “NAN-JI DESUKA” terhadap kemampuan membaca kosakata bahasa Jepang materi nanji desuka dan respon siswa terhadap penggunaan media Audio Visual PPT “NAN-JI DESUKA”. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan true experiment design karena menggunakan kelas kontrol sebagai pembanding. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Pada penelitian ini sampel yang digunakan sebagai kelas kontrol adalah kelas XI Akselerasi dan sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI Bahasa.

Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh hasil thitung = 1,232 < ttabel = 2,078. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa media Audio Visual PPT “NAN-JI DESUKA” tidak memiliki efektivitas terhadap kemampuan membaca kosakata bahasa Jepang materi nanji desuka. Berbeda dengan hasil analisis angket respon siswa yang menunjukkan kriteria kuat dan sangat kuat diketahui bahwa media Audio Visual PPT “NAN-JI DESUKA” menarik dan membantu siswa meningkatkan kemampuan membaca kosakata bahasa Jepang materi nanji desuka.

Kata Kunci: media audio visual, kemampuan membaca, kosakata, bahasa jepang.

Abstract

The ability to read vocabulary is a language skill that is very necessary in Japanese language learning . media Audio Visual PPT "NAN-JI DESUKA" for learning Japanese vocabulary in nanji desuka lesson material was used in this study. The lesson material in the nanji desuka is about hours and minutes in Japanese.

The purpose of this study was to determine the effectiveness of media Audio Visual PPT "NAN-JI DESUKA" on the ability to read Japanese vocabulary on nanji desuka lesson materials and student responses to the use of media Audio Visual PPT "NAN-JI DESUKA". This research includes quantitative research using true experiment design because it uses a control class as a comparison. The sample selection in this study used a saturated sampling technique. In this study the sample used as the control class is the XI Acceleration class and as the experimental class is the XI Language class.

Based on the results of the analysis of research data, obtained results thitung = 1,232 < ttabel = 2,078. The results of these calculations indicate that the media Audio Visual PPT "NAN-JI DESUKA" does not have the effectiveness of the ability to read Japanese vocabulary of nanji desuka material. In contrast to the results of the questionnaire response analysis of students who showed strong and very strong criteria it was known that media Audio Visual PPT "NAN-JI DESUKA" was interesting and helped students improve their ability to read Japanese vocabulary on nanji desuka material.

Keywords: audio visual media, reading skills, vocabulary, Japanese
Published
2019-08-08
Section
Articles
Abstract Views: 103
PDF Downloads: 50