ANALISIS BUKU NIHONGO SEBAGAI BUKU AJAR BAHASA JEPANG DI SMAN 7 SURABAYA

  • TANTI EKA CICILIA

Abstract

Menurut Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas (2008:6), pengertian buku ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Kurikulum 2013 menekan pada kemandirian siswa dalam pembelajaran siswa menjadi subjek dari pembelajaran. Dengan demikian, pemilihan buku ajar sangat berperan penting dalam proses belajar mengajar. Kurikulum yang diterapkan di SMAN 7 Surabaya adalah kurikulum 2013, namun alih-alih menggunakan buku yang direkomendasikan Pemerintah untuk mata pelajaran Bahasa Jepang di kurikulum 2013, pengajar Bahasa Jepang di SMAN 7 Surabaya memilih buku Nihongo, meskipun buku Nihongo memiliki basis kurikulum satuan tingkat pendidikan (KTSP). Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan analisis kualitas buku Nihongo sebagai buku ajar bahasa Jepang di SMAN 7 Surabaya dan mendeskripsikan sinkronisasi buku Nihongo dengan Kurikulum 2013 melalui Permendikbud Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Standar Buku Ajar Satuan Pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dengan menggunakan kuesioner, dan wawancara.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Buku Nihongo sebagai buku ajar Bahasa Jepang dari segi kelayakan isi dinilai berkualitas karena terdapat kesejajaran (alignment) antara materi yang disajikan dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar kurikulum yang digunakan, kebahasaan yang digunakan baik tipografi dan keterbacaan huruf baik, penyajian materi dan pembelajaran yang komunikatif dan informatif sehingga mendukung kegiatan praktik siswa sesuai karakteristik Kurikulum 2013, dan kegrafikaan yang sesuai dengan butir-butir kualitas buku pelajaran oleh BSNP yang didukung data hasil wawancara. Sinkronisasi buku Nihongo dengan Kurikulum 2013 berdasarkan Permendikbud No. 8 Tahun 2016 Tentang Standar Buku Ajar Satuan Pendidikan dinyatakan sangat sesuai dengan rata – rata perolehan prosentase 84,9% dengan rincian mendapatkan 90,8% dari aspek materi, 83,75% dari aspek kebahasaan, 86,7% dari aspek penyajian materi, dan 78,5% dari aspek kegrafikan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa buku Nihongo sebagai buku ajar bahasa Jepang di SMAN 7 Surabaya berdasarkan standar BSNP dinyatakan berkualitas. Kemudian sinkronisasi buku Nihongo dengan Kurikulum 2013 berdasarkan Permendikbud No. 8 Tahun 2016 Tentang Standar Buku Ajar Satuan Pendidikan dinyatakan sangat sesuai.

Kata kunci : Analisis Buku, Nihongo, Buku Ajar, Kualitas Buku, BSNP, Kurikulum 2013
Published
2019-08-09
Section
Articles
Abstract Views: 153
PDF Downloads: 363