ANALISIS KESALAHAN MENULIS HURUF HIRAGANA DAN KATAKANA PADA KOSAKATA FUTSUU MEISHI DALAM KARANGAN SEDERHANA BAHASA JEPANG TEMA “UCHI” SISWA KELAS XI MIA SMAN 1 SUMBERREJO BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2017/2018

  • TIYA IRIYANTI

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajar bahasa Jepang yang sering melakukan kesalahan dalam menulis huruf hiragana dan katakana pada kosakata futsuu meishi. Kesulitan yang dialami siswa adalah kesulitan untuk menghafal huruf hiragana dan katakana, kosakata, membedakan huruf dan menulis huruf Jepang.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan menulis huruf hiragana dan katakana pada kosakata futsuu meishi dan faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan menulis huruf hiragana dan katakana pada kosakata futsuu meishi dalam karangan sederhana bahasa Jepang oleh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Sumberrejo Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis merupakan hasil tes, penyebaran angket dan wawancara.

Berdasarkan dari hasil analisis dapat diketahui bahwa bentuk kesalahan menulis huruf hiragana dan katakana pada kosakata futsuu meishi pada penelitian ini dibagi menjadi tiga kategori. Pertama, kategori kesalahan ketidak tepatan penulisan huruf (5 bentuk kesalahan), yaitu ketidak tepatan penulisan dakuon (22 kesalahan), ketidak tepatan penulisan handakuon(9 kesalahan), kesalahan penggunaan chooon (64 kesalahan), kesalahan penggunaan yooon (24 kesalahan), kesalahan penggunaan sokuon (18 kesalahan). Kedua, kategori kesalahan ketidak sesuaian bentuk huruf (1 bentuk kesalahan), yaitu bentuk huruf yang mirip (15 kesalahan). Ketiga, kategori kesalahan ketidak tepatan pemilihan huruf (1 bentuk kesalahan), yaitu berbentuk huruf lain (11 kesalahan). Faktor penyebab terjadinya kesalahan yaitu, kurang belajar dan latihan menulis, banyaknya jumlah kosakata meishi, sering lupa dan tidak hafal huruf hiragana dan katakana, kurangnya pemahaman siswa akan fungsi dan penggunaan huruf hiragana dan katakana, penjelasan guru tentang fungsi dan penggunaan huruf hiragana dan katakana kurang detail (berdasarkan hasil wawancara dengan siswa), perbedaan jam belajar bahasa Jepang siswa dan kurangnya buku referensi.

Kata Kunci : Analisis kesalahan menulis, huruf hiragan/katakana, kosakata futsuu meishi






Published
2019-08-30
Section
Articles
Abstract Views: 237
PDF Downloads: 81