PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING LEARNING (PPL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KOSAKATA BAHASA JEPANG SISWA KELAS XI IPA 1 SMAN 1 PAPAR KEDIRI TAHUN AJARAN 2018/2019

  • OKTAVIANA DEWI

Abstract

Kemampuan membaca kosakata sangat diperlukan dalam mempelajari bahasa Jepang. Kurangnya kemampuan siswa dalam membaca kosakata bahasa Jepang menjadi hambatan bagi siswa. Hal itu dapat mempengaruhi siswa dalam mempelajari bahasa Jepang dan hasil belajar siswa. Sehingga dibutuhkan metode pembelajaran yang dapat menambah semangat dan minat siswa untuk membantu siswa membaca kosakata bahasa Jepang. Oleh karena itu, digunakan metode pembelajaan Probing Prompting Learning (PPL) untuk mengatasi permasalahan siswa.

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode pembelajaran Probing Prompting Learning (PPL) terhadap kemampuan membaca kosakata bahasa Jepang dan bagaimana respon siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran Probing Prompting Learning (PPL) dalam pembelajaran bahasa Jepang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan true experiment design. Pada penelitian ini terdapat dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas kontrol digunakan untuk membandingkan hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran yang berbeda.

Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan metode pembelajaran Probing Prompting Learning (PPL) berpengaruh terhadap kemampuan membaca kosakata bahasa Jepang siswa. Sedangkan hasil angket respon siswa menunjukkan rata-rata pada aspek motivasi belajar dan pada aspek penyajian proses pembelajaran memiliki kriteria sangat kuat.

Kata Kunci: Metode Probing Prompting Learning (PPL), kemampuan membaca, kosakata bahasa Jepang.

Published
2019-09-17
Section
Articles
Abstract Views: 134
PDF Downloads: 93