PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN EXAMPLE NON-EXAMPLE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS HIRAGANA KOSAKATA BAHASA JEPANG MATERI HOUKI WA TANA NO YOKO DESU

  • HELDA MASRUROH CHOIRUL NIZHA

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa untuk mempelajari bahasa Jepang dikarenakan terdapat beberapa hambatan. Salah satu penghambat siswa dalam mempelajari bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Taman, Sidoarjo adalah mengalami kesulitan dalam menulis hiragana kosakata Bahasa Jepang. Oleh karena itu, metode pembelajaran Example Non-Example digunakan dalam penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menulis hiragana kosakata Bahasa Jepang. Example Non-Example merupakan metode pembelajaran dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2019. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari metode Example Non-Example dan respon siswa terhadap kemampuan menulis hiragana kosakata bahasa jepang.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang termasuk pada True Experimental Design. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling yaitu kelas X MIPA 7 dengan jumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 5 dengan jumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Data yang diambil dalam penelitan ini yaitu nilai pre-test dan post-test pada kelas eksperimen maupun kontrol serta hasil angket respon siswa.

Bedasarkan dari analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil -0,958 < 1,669 (0,05, df = 64) atau thitung < ttabel. Dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan antara Mpost dan Mpost kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil angket respon siswa terhadap metode pembelajaran Example Non-Example kemampuan menulis Hiragana kosakata bahasa Jepang diketahui bahwa menunjukkan kriteria dari baik hingga sangat baik yaitu dari 61%-80% hingga 81%-100% sebagai penggunaan metode pembelajaran Example Non-Example dalam pembelajaran dapat memudahkan siswa dalam mempelajari kosakata.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa metode Example Non-Example tidak mempunyai pengaruh dalam penelitian ini, tetapi mendapatkan respon positif dari siswa.

Kata kunci : Example Non-Example, Kemampuan Menulis, Kosakata Hiragana

Published
2019-10-18
Section
Articles
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 73