STRATEGI BELAJAR SISWA SMA LULUS JAPANESE LANGUAGE PROFICIENCY TEST (JLPT) N3

  • YULIA SUWARTIKA

Abstract

ABSTRAK.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh strategi belajar bahasa Jepang yang digunakan oleh empat siswa SMA untuk lulus Japanese Language Proficiency Test (JLPT) level N3. Materi bahasa Jepang di SMA masih pada JLPT level N5 dan N4, tetapi empat siswa dapat lulus JLPT level N3. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi belajar dan faktor pengaruh kelulusan JLPT level N3 pada siswa SMA. Penelitian ini terdapat dua rumusan masalah. Untuk menjawab rumusan masalah pertama (strategi belajar) menggunakan teori milik Munadi dan Oxford. Untuk menjawab rumusan masalah kedua (faktor pengaruh) menggunakan teori milik Munadi dan Baharuddin.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis adalah hasil wawancara. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui sebagai berikut.

1. Strategi belajar kelulusan JLPT N3 dibagi menjadi tipe strategi belajar dan penggolongan strategi belajar.

a. Tipe strategi belajar bahasa Jepang siswa 1, siswa 3 dan siswa 4 menggunakan audio-visual. Siswa 1, siswa 2 dan siswa 3 menggunakan multimedia. Siswa 2 dan siswa 4 menggunakan membaca/menulis, siswa 2 menggunakan visual.

b. Strategi belajar bahasa Jepang siswa 1 menggunakan strategi kognitif, strategi kompensasi, strategi metakognitif, dan strategi sosial. Siswa 2 menggunakan strategi ingatan, strategi kognitif, strategi kompensasi, strategi metakognitif, dan strategi sosial. Siswa 3 menggunakan strategi kognitif, strategi kompensasi, dan strategi metakognitif. Siswa 4 menggunakan strategi ingatan, strategi kognitif, strategi kompensasi, strategi metakognitif.

2. Faktor pengaruh kelulusan JLPT N3 ada 4 bagian.

a. Empat siswa memiliki kesehatan yang bagus, tetapi siswa 2 dan siswa 3 memiliki gangguan mata minus.

b. Siswa 1 dan siswa 3 minat belajar bahasa Jepang karena anime, siswa 2 karena buku bahasa Jepang milik orang tua, siswa 4 karena lagu dan anime.

c. Motivasi siswa 1 dan 2 mengikuti JLPT N3 adalah untuk mengukur kemampuan bahasa Jepang, motivasi siswa 3 dan siswa 4 adalah ingin sekolah di Jepang.

d. Selain belajar dari buku, keempat siswa belajar bahasa Jepang dari anime, game, lagu berbahasa Jepang.

Kata kunci : Strategi Belajar, Faktor Pengaruh Hasil Belajar, Japanese Language Proficiency Tes

(JLPT)





Published
2019-11-28
Section
Articles
Abstract Views: 159
PDF Downloads: 214