Pengaruh Penggunaan Media Permainan Monopoli Katakana MonoKata terhadap Kemampuan Menulis Kosakata Katakana Meishi Siswa Kelas X Bahasa SMA negeri 1 Grati Pasuruan Tahun Ajaran 2018/2019

  • YULI SANTIKA

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajar bahasa Jepang yang masih kesulitan dalam menulis kosakata bahasa Jepang , khususnya menulis kosakata Katakana Meishi. Kemudian tidak didukung dengan adanya media pembelajaran pada proses pembelajaran berlangsung juga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, sehingga dalam penelitian ini digunakan media permainan Monopoli Katakana ‘MonoKata’ untuk mengetahui kemampuan menulis kosakata Katakana Meishi. Tujuan penelitian pada penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh penggunaan media permainan Monopoli Katakana ‘MonoKata’ terhadap kemampuan menulis kosakata Katakana Meishi, serta mendeskripsikan angket respon siswa terhadap penggunaan media permainan Monopoli Katakana ‘MonoKata’.

Konsep media permainan Monopoli Katakana ‘MonoKata’ yaitu menyajikan sarana belajar dan menyediakan soal latihan atau renshuu, khususnya pada pembelajaran menulis kosakata Katakana. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh media permainan Monopoli Katakana ‘MonoKata’ terhadap kemampuan menulis kosakata Katakana Meishi pada siswa kelas X bahasa SMA Negeri 1 Grati Pasuruan serta respon siswa terhadap media permainan Monopoli Katakana‘MonoKata’.

Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan True Eksperimental Design karena menggunakan dua subjek penelitian yang dibandingkan dan diberi perlakuan yang berbeda. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X bahasa yang berjumlah 33 siswa dan X IPA 1 yang berjumlah 35 siswa, sedangkan untuk menentukan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen digunakan metode undian (untung-untungan) sehingga didapatkan hasil yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas X bahasa, sedangkan yang menjadi kelas kontrol adalah kelas X IPA 1.

Hasil penelitian pada penelitian ini adalah media permainan Monopoli Katakana ‘MonoKata’ tidak mempunyai pengaruh yang signifikan. Kemudian hasil analisis data angket respon siswa tentang media permainan Monopoli Katakana ‘MonoKata’memiliki respon yang positif.

Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara proses hasil belajar siswa kelas X IPA 1 dengan kelas X bahasa terhadap kemampuan menulis kosakata Katakana Meishi. Selanjutnya dari hasil analisis angket respon siswa terhadap penggunaan media permainan Monopoli Katakana ‘MonoKata’, sebanyak 90% siswa menyatakan bahwa penggunaan media permainan Monopoli Katakana ‘MonoKata’ menarik dan menyenangkan. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media permainan Monopoli Katakana ‘MonoKata’ terhadap kemampuan menulis kosakata Katakana Meishi mendapat respon yang baik atau positif.

Kata kunci :Permainan Monopoli Katakana ‘MonoKata’, Kosakata Katakana Meishi.


Published
2019-11-28
Section
Articles
Abstract Views: 78
PDF Downloads: 62