PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA APLIKASI KANBEN (KANJI NO BENKYOU) TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KANJI LEVEL SHOKYUU (DASAR) PADA SISWA KELAS XI BAHASA SMA DI KOTA SURABAYA TAHUN AJARAN 2018/2019

  • MAYA AMELIA

Abstract

ABSTRAK.

Dalam penelitian ini digunakan aplikasi KanBen untuk menguji apakah media pembelajaran tersebut mempengaruhi penguasaan kanji yang meliputi cara membaca, mengartikan, serta menuliskan huruf kanji pada siswa kelas XI Bahasa di SMA negeri di kota Surabaya. Media Aplikasi KanBen ini berbasis android sehingga memudahkan siswa dalam belajar Kanji karena dapat digunakan di manapun dan kapanpun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh media aplikasi KanBen dan mendiskripsikan respon siswa terhadap penggunaan media aplikasi KanBen dalam pembelajaran huruf Kanji.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (Quasi Experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMA negeri di Surabaya yang terdapat mata pelajaran Bahasa Jepang yang berjumlah 9 sekolah. Sampel dari penelitian ini terdiri dari empat SMA negeri di Surabaya yang terdapat kelas Bahasa dan mata pelajaran Bahasa Jepang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sample. Data yang diambil adalah nilai pretest dan posttest siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol serta hasil angket respon siswa.

Berdasarkan hasil independent sample t-test yang telah dilakukan pada kelas eksperimen dengan bantuan software SPSS 25 for windows di empat SMA tersebut, didapatkan hasil dari tiga SMA yaitu t hitung lebih besar daripada t tabel yang berarti media aplikasi “KanBen (Kanji no Benkyou)” memiliki pengaruh terhadap kemampuan penguasaan kanji level shokyuu (dasar) pada siswa kelas XI Bahasa SMA di kota Surabaya tahun ajaran 2018/2019. Sedangkan satu dari tiga SMA tersebut didapatan hasil t hitung lebih kecil daripada t tabel yang berarti media aplikasi “KanBen (Kanji no Benkyou)” tidak memiliki pengaruh terhadap kemampuan penguasaan kanji level shokyuu (dasar) pada siswa kelas XI Bahasa SMA di kota Surabaya tahun ajaran 2018/2019. Apabila dilihat dari angket respon siswa, dari ke empat SMA didapatkan hasil yang positif terhadap aplikasi KanBen (Kanji no Benkyou).

Kata Kunci: Pengaruh media, Aplikasi ‘Kanji no Benkyou’, media pembelajaran, huruf Kanji.

Published
2019-12-04
Section
Articles
Abstract Views: 142
PDF Downloads: 70