PENGEMBANGAN MEDIA BUKU ILUSTRASI AISATSU BENKYOUSHIMASHOU UNTUK PEMBELAJARAN KOSA KATA SAPAAN BAHASA JEPANG DALAM LAGU ANAK JEPANG GREETINGS SONG-KODOMO NO UTA

  • LIANA SANDRA WATI

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA BUKU ILUSTRASI “AISATSU BENKYOUSHIMASHOU” DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA SAPAAN BAHASA JEPANG MELALUI LAGU ANAK JEPANG GREETING SONG –KODOMO NO UTA 子供の歌

Liana Sandra Wati

S-1 Pendidikan Bahasa Jepang, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya

lianawati@mhs.unesa.ac.id

Rusmiyati, S.Pd, M.Pd

Dosen S-1 Pend. Bahasa Jepang, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya

rusmiyati@unesa.ac.id

ABSTRAK.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Buku media “Aisatsu Benkyoushimashou” sebagai media pembelajaran kosa kata sapaan bahasa Jepang pada SD Labschool UNESA dan SMP Insan Cendekia Mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran “Aisatsu Benkyoushimashou” dan mengetahui respon siswa terhadap media “Aisatsu Benkyoushimashou”. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis adalah hasil wawancara. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui sebagai berikut.

Penelitian ini didasari hasil angket siswa yang menunjukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari Kosa kata baru. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan media “Aisatsu Benkyoushimashou” adalah Metode R&D dari Sugiyono. Pada uji coba pemakaian media “Aisatsu Benkyoushimashou” diajukan pada 14 siswa SD dari penelitian pengembangan media “Aisatsu Benkyoushimahou” :

1. Kelayakan media dapat dilihat dari hasil validasi materi dan oleh ahli media. Dari hasil validasi media, kelayakan media “Aisatsu Benkyoushimashou” dinyatakan sangat baik dengan memperoleh nilai sebesar 89%. dari hasil validasi materi, materi dalam media dnyatakan sangat baik dengan memperoleh nilai 80%.

2. Respon siswa terhadap pengembangan media “Aisatsu Benkyoushimashou” dapat dilihat dari hasil angket respon siswa. berdasarkan analisis angket respon siswa, respon siswa SD.

Dari hasil penilaian para validator dan hasil angket respon siswa, media “Aisatsu Benkyoushimashou” dikatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran kosa kata sapaan untuk SD.

Kata kunci : Pengembangan, , media pembelajaran, Kosa kata sapaan









Published
2019-12-13
Section
Articles
Abstract Views: 177
PDF Downloads: 117