ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PENERAPAN UKBM (UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI) BAHASA JEPANG KELAS X SMA NEGERI 1 BOYOLANGU TAHUN AJARAN 2018/2019

  • YULIA NINGRUM

Abstract

Kurikulum 2013 berbasis SKS bertujuan memfasilitasi murid dengan kecepatan belajar yang berbeda dan menjadikan murid belajar mandiri melalui UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri). Dengan tujuan tersebut, perlu diketahui sejauh mana kemandirian belajar siswa selama penerapan UKBM bahasa Jepang, dikarenakan bahasa Jepang merupakan salah satu pelajaran yang harus diajarkan dari konsep dasarnya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan UKBM bahasa Jepang dan kemandirian belajar siswa dalam penerapan UKBM tersebut yang dapat dijadikan bahan evaluasi. Untuk itu penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Boyolangu sebagai salah satu sekolah yang menerapkan UKBM dalam pembelajaran bahasa Jepang.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas X-1 dan X-2 SMA Negeri 1 Boyolangu di mana kedua kelas tersebut dalam pembelajaran bahasa Jepang telah menggunakan UKBM. Data yang diperoleh menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Penerapan UKBM berjalan baik dilihat dari hasil observasi sebesar 75% dan hasil penilaian lembar check list sebesar 91,1% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil wawancara dengan Wakasek Kurikulum dan guru mata pelajaran bahasa Jepang didapatkan kesimpulan yaitu penerapan UKBM berjalan baik dan telah sesuai dengan petunjuk teknis oleh pemerintah. Kendala penerapan UKBM adalah mengenai jumlah yang harus dicetak oleh siswa. 2) Berdasarkan hasil angket tingkat kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Jepang termasuk dalam kategori baik sebesar 70,43%. Berdasarkan wawancara dengan guru bahasa Jepang, siswa dapat belajar mandiri dari skenario UKBM yang telah disusun oleh guru. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar siswa dalam penerapan UKBM bahasa Jepang materi “Jikan” (じかん) kelas X SMA Negeri 1 Boyolangu tahun ajaran 2018/2019 dapat dikatakan baik.






Published
2019-12-26
Section
Articles
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 273