Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Tamaire Terhadap Kemampuan Menyimak Secara Aktif Bab Watashi no Kazoku Siswa Kelas X Mipa 5 SMAN 1 Mojokerto Tahun Ajaran 2018/2019

  • INDRI PURWANDANI

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TAMAIRE TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SECARA AKTIF BAB WATASHI NO KAZOKU SISWA KELAS X MIPA 5 SMAN 1 MOJOKERTO TAHUN AJARAN 2018/2019

ABSTRAK

Dalam penelitian ini membahas tentang “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Tamaire Terhadap Kemampuan Menyimak Secara Aktif Bab Watashi no Kazoku Siswa Kelas X MIPA 5 SMAN 1 Mojokerto Tahun Ajaran 2018/2019”.

Penelitian ini menggunakan media pembelajaran Tamaire (Permainan melempar bola) dengan tujuann agar siswa selama proses belajar mengajar tidak merasa jenuh terhadap penyampaian materi yang diberikan. Dengan maksud untuk lebih menekankan keterampilan menyimak secara aktif.

Sumber data adalah buku Nihongo Sakura Jilid 1, pada siswa kelas X MIPA 5 SMAN 1 Mojokerto dengan jumlah 28 siswa. Data yang digunakan adalah pengaruh media pembelajaran Tamaire, dari hasil nilai pre-test dan post-test, dan angket respon siswa.

Pada penelitian kali ini peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen menggunakan metode True Experiment Design. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas X SMAN 1 Mojokerto dengan subjek penelitian kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen.

Berdasarkan uji Mann Whitney (Non Parametrik) pada kelas kontrol dan eksperimen menggunakan taraf signifikansi 95% (0,05), mendapat nilai asymp.sig. sebesar 0,000. Maka diperoleh 0,000<0,05 dimana dapat disimpulkan terdapat pengaruh pada media pembelajaran Tamaire terhadap keterampilan menyimak bahasa Jepang siswa kelas X MIPA 5 SMAN 1 Mojokerto tahun ajaran 2018/2019.

Dari hasil analisis data angket respon siswa terhadap media pembelajaran Tamaire pada keterampilan menyimak Bahasa Jepang dihasilkan persentase total sebanyak 85,07% sehingga tergolong pada kriteria sangat kuat. Sebanyak 89,28% siswa mengatakan bahwa media pembelajaran Tamaire dapat menghilangkan rasa bosan saat pembelajaran menyimak Bahasa Jepang.

Setelah dilakukan penelitian diharapkan guru bisa menggunakan media pembelajaran Tamaire untuk dapat diterapkan pada pokok bahasan lain yang bersangkutan dengan keterampilan menyimak

Kata Kunci : Media Pembelajaran Tamaire, Keterampilan Menyimak Bahasa Jepang, Penelitian Kuantitatif, True Experiment Design.

Published
2019-12-31
Section
Articles
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 58