Analisis Kesalahan Membaca Kalimat Sederhana Bahasa Jepang pada Siswa Kelas XI IPA 7 SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo Tahun Ajaran 2019 - 2020

  • RAHMAT ABDI RIDHO SURIANSYAH

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara dengan guru bahasa Jepang SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo yang mengatakan bahwa kendala yang umumnya dimiliki siswa adalah menulis dan membaca karena pada saat jenjang sebelumnya yaitu SMP mereka tidak mendapatkan bahasa Jepang.

Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mendeskripsikan kesalahan – kesalahan dalam membaca kalimat sederhana bahasa Jepang pada siswa kelas XI IPA 7 SMA Negeri 1 Taman dan mendeskripsikan faktor – faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan membaca kalimat sederhana bahasa Jepang pada siswa kelas XI IPA 7 SMA negeri 1 Taman Sidoarjo tahun ajaran 2019 – 2020.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis adalah hasil dari transkrip tes lisan dan angket yang dikerjakan oleh siswa. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa kesalahan yang dominan dilakukan oleh siswa adalah kesalahan hyoki dibandingkan dengan kesalahan hatsuon. Kesalahan tersebut disebabkan karena beberapa faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang paling dominan adalah tidak hafal huruf kana dan tidak mengulangi pelajaran yang telah dipelajari di sekolah, sedangkan untuk faktor eksternal yang paling dominan adalah kurangnya praktek dan latihan ketika pembelajaran bahasa Jepang di sekolah serta pelajaran di sekolah yang dirasa siswa kurang menarik.

Published
2020-01-14
Section
Articles
Abstract Views: 102
PDF Downloads: 126