PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KAZUDO TERHADAP PENGUASAAN KATA BANTU BILANGAN BAHASA JEPANG SISWA KELAS X MIPA 6 SMA NEGERI 1 MADIUN TAHUN AJARAN 2019/2020

  • SHANTY SETYO RINI

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang “Pengaruh Penggunaan Media Kazudo Terhadap Penguasaan Kata Bantu Bilangan Bahasa Jepang Siswa Kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Madiun Tahun Ajaran 2019/2020”.

Berdasarkan hasil analisis angket pra-penelitian penguasaan kata bantu bilangan bahasa Jepang, diketahui bahwa sebanyak 48 siswa dengan persentase 70% menyatakan kurang dalam penguasaan kata bantu bilangan bahasa Jepang. Sehingga dalam penelitian ini digunakan media Kazudo untuk meningkatkan penguasaan kata bantu bilangan bahasa Jepang.

Sumber data pada penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA 6 yang berjumlah 27 siswa dan X IPS 1 yang berjumlah 24 siswa. Data penelitian yang digunakan adalah hasil post-test siswa kelas X MIPA 6 dan X IPS 1, serta angket respon siswa dan guru.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan True Experiment Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Madiun dengan sampel kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol dan X MIPA 6 sebagai kelas eksperimen.

Berdasarkan hasil uji Independent Sample t-test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan taraf signifikansi 95% (0,05), didapatkan hasil nilai probabilitas sebesar 0,048. Maka diperoleh 0,048<0,05. Sehingga dapat disimpulkan adanya pengaruh penggunaan media Kazudo terhadap penguasaan kata bantu bilangan bahasa Jepang siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Madiun tahun ajaran 2019/2020.

Berdasarkan hasil analisis data angket respon siswa dan guru, media Kazudo mendapatkan respon positif saat pembelajaran sehingga siswa menjadi aktif dan proses pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan. Hal ini menunjukkan bahwa media Kazudo mempunyai pengaruh positif terhadap kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Madiun tahun ajaran 2019/2020.

Published
2020-01-15
Section
Articles
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 52