Analisis Kesalahan kakikikitori Kata Benda Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang Pada Siswa Kelas XI Bahasa SMAN 1 TAMAN Sidoarjo Tahun Ajaran 2018 / 2019

  • LAILY CLAUDIA NUR ARDIMAS

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk kesalahan yang terdapat pada kegiatan kakikikitori kata benda dalam pembelajaran bahasa Jepang oleh siswa kelas XI Bahasa Sman 1 Taman, serta faktor dari kesalahan kakikikitori tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dan data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil dari tes kakikikitori, angket dan wawancara.

Berdasarkan hasil tes yang telah dianalisis diketahui bahwa, bentuk kesalahan kakikikitori yang ada dalam penelitian ini adalah bentuk kesalahan bunyi dan kesalahan penulisan. Yang pertama yaitu Choo’on, misal : おかあさん menjadiおかさん, lalu bunyi Yoo’on, misal : らいしゅうmenjadiらいす, dan bunyi Sokuon, misal : ちゅうがっこう menjadiちゅうがこう .

Pada hasil analisis soal angket dan wawancara yang diberikan dapat diketahui bahwa, faktor-faktor yang mempengaruhi siswa mengalami kesalahan pada kegiatan kakikikitori dalam pembelajaran bahasa Jepang ialah siswa belum hafal dengan huruf hiragana atau katakana, belum memahami materi, tidak minat terhadap bahasa Jepang dan kurang bisa memahami pelafalan orang Jepang. Lalu, faktor-faktor yang menyebabkan siswa tidak dapat berkonsentrasi dalam menyimak pembelajaran bahasa Jepang ialah suasana kelas ramai, siswa merasa jenuh atau bosan, dan kondisi fisik yang sedang tidak baik. Namun mayoritas siswa menjawab jika faktor yang lebih berpengaruh ialah faktor error atau kesulitan atau penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran bahasa Jepang.

Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat lebih teliti dalam menentukan objek, penyusunan instrumen, dan menambah teori berbahasa Jepang agar hasil penelitian ini lebih baik.

Kata Kunci: Analisis kesalahan berbahasa, Kakikikitori, Kata benda, Bahasa Jepang

Published
2020-03-27
Section
Articles
Abstract Views: 104
PDF Downloads: 206