PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN HOT ( HANGING ON A TREE ) UNTUK PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG DALAM TEMA WATASHI NO KAZOKU UNTUK SISWA KELAS X IBB SMAN 3 SURABAYA

  • IRIS INDIRA MURTI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini mengkaji tentang pengembangan media permainan HOT ( Hanging On a Tree ) untuk penguasaan kosakata bahasa Jepang dalam tema Watashi No Kazoku untuk Siswa Kelas X IBB SMAN 3 Surabaya. Berdasarkan hasil wawancara tanggal 5 Mei 2019, diketahui siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami kosakata anggota keluarga dalam anggota keluarga. Oleh karena itu penggunaan media permainan HOT ( Hanging On a Tree ) untuk mengatasi kesulitan siswa dalam memahami kosakata anggota keluarga. media permainan HOT ( Hanging On a Tree ) adalah permainan yang diangkat dari bagan keluarga dengan tujuan untuk siswa lebih memahami kosakata anggota keluarga dan hitungan dalam anggota keluarga. Cara bermain media media permainan HOT ( Hanging On a Tree ) yaitu setiap kelompok menempelkan kartu karakter pada Banner sesuai dengan petunjuk kartu permainan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media permainan HOT ( Hanging On a Tree ) dan mengetahui respon siswa terhadap media permainan HOT ( Hanging On a Tree ) .

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan R&D ( Research & Development ) milik Borg & Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IBB MIPA Negeri 3 Surabaya pada tahap uji coba produk,dan siswa X IBB SMA Negeri 3 Surabaya pada tahap uji coba pemakaian.

Berdasarkan sumber data yang diperoleh dari angket validasi media permainan HOT ( Hanging On a Tree ) memperoleh prosentase nilai 83,07% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil validasi materi media permainan HOT ( Hanging On a Tree ) memperoleh prosentase nilai 94,28% dengan kriteria sangat baik. Perdasarkan perolehan Prosentase validasi media oleh ahli media dan validasi media oleh ahli materi pengembangan media permainan HOT ( Hanging On a Tree ) layak digunakan dengan kriteria sangat baik untuk penguasaan kemampuan berbahasa Jepang dalam tema Watashi No Kazoku untuk Siswa Kelas X IBB SMAN 3 Surabaya. Berdasarkan sumber data dari 27 responden yang mengisi angket respon siswa terhadap media permainan HOT ( Hanging On a Tree ) memperoleh prosentase nilai 89,20% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil angket respon siswa dapat disimpulkan media permainan HOT ( Hanging On a Tree ) mendapat respon baik dari siswa.

Abstract

This study examines the development of HOT (Hanging On a Tree) game media for mastering Japanese vocabulary in the Watashi No Kazoku for Class X Students of IBB SMAN 3 Surabaya. Based on the results of the interview on 5 May 2019, it is known that students are still experiencing difficulties in understanding the vocabulary of family members in family members. Therefore the use of HOT (Hanging On a Tree) game media to overcome students difficulties in understanding the vocabulary of family members. HOT game media (Hanging On a Tree) is a game that is lifted from the family chart with the aim for students to better understand the vocabulary of family members and counts in family members. How to play HOT (Hanging On a Tree) game media, that is, each group attaches a character card to the Banner according to the game cards instructions. This study aims to determine the feasibility of HOT (Hanging On a Tree) game media and determine students responses to HOT (Hanging On a Tree) game media.

This research uses Borg & Galls R&D (Research & Development) research and development method. The subjects of this study were students of class X IBB MIPA Negeri 3 Surabaya at the product trial stage, and students X IBB SMA Negeri 3 Surabaya at the trial use phase.

Based on the data source obtained from the validation questionnaire HOT (Hanging On a Tree) media obtained a percentage of values of 83.07% with very good criteria. Based on the results of the validation of HOT game media material (Hanging On a Tree) obtained a percentage of values of 94.28% with very good criteria. Basing the acquisition of percentage of media validation by media experts and media validation by experts on the development of HOT (Hanging On a Tree) game media is suitable for use with very good criteria for mastering Japanese language skills in the theme of Watashi No Kazoku for Class X Students of IBB SMAN 3 Surabaya. Based on data sources from 27 respondents who filled out the questionnaire students responses to HOT (Hanging On a Tree) media obtained a percentage of values ​of 89.20% with very good criteria. Based on the results of student questionnaire responses, it can be concluded that the game media HOT (Hanging On a Tree) got a good response from students.

Published
2020-04-15
Section
Articles
Abstract Views: 139
PDF Downloads: 133