PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT (TOURNAMENT GAME TEAM) DENGAN PERMAINAN CERDAS CERMAT TERHADAP PENGUASAAN HURUF HIRAGANA

  • YUSRIFAH RACHMAWATI

Abstract

ABSTRAK

Bahasa yang banyak diminati siswa di sekolah tingkat menengah atas salah satunya adalah bahasa Jepang.. Pada tingkat tersebut, huruf yang diajarkan adalah hiragana dan katakana. Dalam mempelajari huruf Jepang tersebut, siswa mengalami berbagai kesulitan karena antar huruf-huruf Jepang terdapat kemiripan missal huruf あdan お. Sebagaimana yang terjadi pada peserta didik SMAN 22 Surabaya. Dari hasil wawancara terhadap guru pamong Bahasa Jepang di SMAN 22 Surabaya, siswa mengalami kesulitan dalam menguasai huruf hiragana. Oleh karena itu, dikembangkan model pembelajaran kooperatif TGT (Tournament Game Team) menggunakan permainan cerdas cermat terhadap penguasaan huruf hiragana. Model pembelajaran tersebut bertujuan untuk membantu peserta didik dalam menulis dan menghafal hururf hiragana. Selain itu, mengetahui respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran TGT (Tournament Game Team) menggunakan permainan cerdas cermat

Penerapan model pembelajaran TGT (Tournament Game Team) menggunakan permainan cerdas cermat mengacu pada buku Sakura 1 bab 2. Subyek yang menjadi sasaran penelitian adalah siswa kelas LM 1 SMAN 22 Surabaya. Pengumpulan data penelitian menggunakan hasil validasi RPP, validasi materi, nilai rata-rata post tes dan angket respon 30 peserta didik. Peneliti juga menggunakan lembar observasi yang dianalisa untuk mengetahui hasil penerapan model pembelajaran TGT menggunakan permainan cerdas cermat tersebut.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sehingga, hasil bisa dilihat melalui lembar observasi yang menunjukkan keterangan bahwa proses penerapan berjalan dengan baik sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Sedangkan, rata-rata hasil belajar 30 pembelajar atau siswa setelah menerapkan model pembelajaran TGT menggunakan permainan cerdas cermat mayoritas memeroleh 86,3 yang kriteriaya adalah baik. Untuk hasil respon peserta didik memeroleh hasil 80,50 % dengan kriteria kuat. Maka, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif TGT menggunakan permainan cerdas cermat terhadap penguasaan huruf hiragana layak digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran Bahasa Jepang.

Kata Kunci : Kooperatif Tournament Game Team (TGT), Permainan Cerdas Cermat, Huruf Hiragana.

Abstract

Japanese is a language that is widely studied in high school. At that level, the letters taught are hiragana and katakana. In learning these letters students experience various difficulties because between Japanese characters there are similarities like the letters あ and お. As happened to students of SMAN 22 Surabaya. The results of interview with a Japanese languange teacher at SMAN 22 Surabaya, students had difficulty mastering hiragana letters. Therefore, the TGT (Tournament Game Team) cooperative learning model was developed using a game of care for mastering hiragana letters. The learning model aims to make students in writing and memorizing hiragana letters are easier. In addition, for knowing students’s responses to application of the TGT (Tournament Game Team) learning model uses quiz games.

Application of the TGT (Tournament Game Team) learning model is using quiz games refers to the Sakura book 1 chapter 2. The subject of this research was students of LM 1 class at SMAN 22 Surabaya. Research data collection using the results of Learning Implementation Plan (RPP) validation, material validation, the average value of the post-test and questionnaire responses of 30 students. Researchers also used the analyzed observation sheets to find out its results of this TGT learning model’s application that use a quiz game.

This study used descriptive qualitative method. Thus, the results can be seen through an observation sheet showing information that the implementation process is going well according to the Learning Implementation Plan (RPP). Meanwhile, an average of 30 students learning outcomes after applying the TGT learning model using the meticulous smart game majority gained 86.3 with good criteria. For the results of the responses of students obtained results of 80.50% with strong criteria. So, it can be concluded that the application of TGT cooperative learning model using pop quiz on the mastery of hiragana letters is appropriate in the Japanese learning process.

Keywords:Cooperative Tournament Game Team (TGT), Pop Quiz, Hiragana Letters.




Published
2020-05-02
Section
Articles
Abstract Views: 125
PDF Downloads: 170