Pengembangan Media The Thing Puzzle Papan Magnetik Untuk Menggambarkan Latar Suasana dalam Folksong Jepang

  • DESI RATNA SARI

Abstract

Abstrak

Media pembelajaran memiliki salah satu fungsi yaitu untuk memvisualisasikan suatu teks. Teks yang dapat divisualisasikan salah satunya adalah karya sastra. Karya sastra memiliki berbagai jenis yang salah satunya adalah nyanyian suatu rakyat atau masyarakat yang dapat disebut juga sebagai folksong. Nyanyian ini memiliki unsur instrinsik berupa latar suasana yang dapat dipelajari oleh pemelajar bahasa, termasuk pemelajar bahasa Jepang. Penelitian ini menjawab dua rumusan masalah, rumusan yang pertama yaitu bagaimana proses pengembangan media The Thing Puzzle Papan Magnetik dan rumusan yang kedua adalah bagaimana respon siswa terhadap media The Thing Puzzle Papan Magnetik.

Teori yang digunakan untuk pengembangan media adalah teori penelitian pengembangan milik Sugiyono. Kemudia teori yang digunakan dalam menganalisis materi media adalah teori Nurgiyantoro dan diperkuat oleh teori emosi dari Nugraha. Perhitungan data yang diperoleh dari angket menggunakan teori statistik Pendidikan Riduwan.

Proses penelitian yang telah dilaksanakan memiliki hasil sebagai berikut sebagai berikut :

1. Penelitian ini melalui sembilan tahap pengembangan, yaitu tahap pertama potensi dan masalah, tahap kedua adanya pengumpulan data, tahap ketiga desain media, tahap keempat validasi desain,tahap kelima revisi desain, tahap uji coba produk pertama, tahap ketujuh revisi produk pertama, tahap kedelapan uji coba produk kedua, dan tahap kesembilan adalah revisi produk kedua. Hasil pengujian media oleh ahli media mendapatkan presentase 76,67%dengan pernyataan produk layak untuk digunakan namun ada sedikit aspek yang harus direvisi.

2. Pada uji coba pertama pemerolehan prosentase angket siswa adalah 89,57% dari 20 orang siswa. Presentase yang diperoleh tinggi dikarenakan sebelumnya siswa tidak pernah menggunakan media pembelajaran saat pembelajaran bahasa Jepang. Pada uji coba yang kedua pemerolehan prosentase angket siswa adalah 72,5% dari 18 orang siswa. Pada uji coba yang kedua, siswa sudah terbiasa menggunakan media pembelajaran saat pembelajaran Bahasa Jepang.

Kata Kunci : pengembangan media, the thing puzzle, folksong, latar suasana

Abstract

Learning media has one function, which is to visualize a text. One of the texts that can be visualized is a literary work. Literary works have various types, one of which is folksong. Folksong has an intrinsic element in the form of an atmosphere that can be learned by language learners, including Japanese language learners. This research answers two problem formulations, namely how the media development process of The Thing Puzzle Magnetic Board and how students respond to media The Thing Puzzle Magnetic Board.

The theory used for media development is Sugiyono’s research and development theory. Then the theory used in analyzing media material is Nurgiyantoro’s theory and is reinforced by the emotional theory from Nugraha. Calculation of data obtained from a questionnaire using Riduwan’s educational statistic theory.

The results of this research are explained as follows :

1. The media development process is carried out in nine stages, namely potential and problems, data collection, media design, design validator, design revision, first product trial, first product revision, second product trial, second product trial, and second product revision. The results of the media assessment by media experts get a 76.67%, worthly with a little revision.

2. In the first trial, the percentage of questionnaire resuts from 20 stundents was 89,57%. Obtaining high percentage results because previously students never used the learning media when learning Japanese. In the second trial, the precentage of student questionnaires was 72,5% from 18 students. In the second trial, students are ready accustomed to using learning media when learning Japanese.

Keyworld : Media development, the thing puzzle, folksong, atmosphere

Published
2020-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 100
PDF Downloads: 78