EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA DRESS UP GAME DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG PADA KELAS XI APK 1 SMK PGRI 13 SURABAYA TAHUN AJARAN 2016/2017

  • LELY RATNAWATI

Abstract


EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA DRESS UP GAME DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG PADA KELAS XI APK 1 SMK PGRI 13 SURABAYA TAHUN AJARAN 2016/2017

Penguasaan kosakata bahasa Jepang tentang kata benda menjadi salah satu penghambat dalam proses pembelajaran di SMK PGRI 13 Surabaya. Hal ini dibuktikan dengan hasil wawancara saat pra penelitian dengan guru mata pelajaran bahasa Jepang disekolah tersebut. Oleh karena itu, untuk mengatasi kesulitan siswa dalam pembelajaran penguasaan kosakata benda digunakan media dress up game. Media dress up game adalah media permainan yang menggunakan media pakaian, permainan ini dapat dimainkan secara berkelompok sehingga membuat siswa lebih tertarik dan termotivasi saat proses pembelajaran berlangsung. Selain memudahkan mengingat kosakata, media ini juga dapat melatih siswa membuat pernyataan sesuai dengan kosakata benda yang dipelajari. Tujuan penelitian ini selain untuk mengetahui efektivitas penggunaan media dress up game, juga untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media tersebut dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berjenis True Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK PGRI 13 Surabaya dengan jumlah 118 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah kelas XI APK I sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 28 siswa dan kelas XI APK II sebagai kelas kontrol dengan jumlah 28 siswa. Pembelajaran dikelas kontrol menggunakan media konvensional dan powerpoint sedangkan dikelas eksperimen menggunakan media dress up game. Data yang diambil dalam penelitian ini yaitu nilai pre-test dan post-test siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol serta hasil angket respon siswa.

Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh hasil t hitung 6,725 t tabel 1,676 (0,05, df= 49) dapat ditarik kesimpulan bahwa media dress up game dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil angket respon siswa terhadap penggunaan media dress up game dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang diketahui bahwa rata-rata butir pertanyaan satu hingga tujuh, menunjukkan kriteria 81%-100% sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media dress up game efektif sehingga cocok digunakan dalam kegiatan pembelajaran bahasa Jepang.

Published
2020-06-04
Section
Articles
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 17