PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN FLASH DOUBUTSUPE UNTUK PENGENALAN ONOMATOPE HEWAN DALAM NIHON NO DOUYOU

  • SITI CHOMARIAH

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media permainan flash Doubutsupe untuk pengenalan onomatope hewan dalam Nihon No Douyou. Berdasarkan data analisis angket kebutuhan siswa, 88% siswa tertarik belajar karya sastra Jepang, 96% siswa tertarik belajar dan mengenal onomatope hewan dalam bahasa Jepang, serta 100% siswa membutuhkan media pendukung dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mengembangkan media permainan flash Doubutsupe untuk mengenalkan siswa pada onomatope hewan dalam bahasa Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan hasil pengembangan media permainan flash Doubutsupe, dan mendeskripsikan respon siswa terhadap media permainan flash Doubutsupe.

Pengembangan media ini menggunakan metode penelitian Research & Development (R&D) berdasarkan teori penelitian pengembangan Sugiyono (2015: 407). Penelitian ini hanya sampai pada tahap kesembilan yaitu revisi produk setelah uji coba pemakaian. Hal ini disesuaikan dengan tujuan dari penelitian yang telah disebutkan sebelumnya. Sementara untuk mengetahui kelayakan media dan respon siswa didasarkan pada skala Likert dalam Riduwan (2013: 23).

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil angket kebutuhan siswa, validasi kelayakan media (materi dan desain) dan hasil angket respon siswa. Data yang digunakan untuk menyusun materi yaitu dipilih 7 douyou secara acak yang liriknya terdapat onomatope hewan dan nama hewan. Hasil akhir penelitian pengembangan media flash Doubutsupe untuk pengenalan onomatope hewan dalam Nihon no Douyou dideskripsikan dibawah sebagai berikut:

1. Hasil validasi desain oleh ahli media untuk kelayakan media dinyatakan layak digunakan dengan sedikit revisi dengan nilai persentase 88% masuk dalam kriteria kelayakan sangat kuat.

2. Hasil validasi materi oleh ahli materi untuk kelayakan materi dinyatakan layak digunakan dengan sidikit revisi dengan nilai persentase 78% masuk dalam kriteria kelayakan kuat.

3. Hasil uji coba produk media melalui angket respon siswa terhadap pengembangan media permainan flash Doubutsupe untuk pengenalan onomatope hewan dalam Nihon no Douyou diperoleh nilai persentase sebesar 89% masuk dalam kriteria kelayakan sangat kuat.

Dari hasil penilaian validator maupun angket respon siswa, media permainan flash Doubutsupe untuk pengenalan onomatope hewan dalam Nihon no Douyou dapat dikatakan layak digunakan sebagai media pengenalan onomatope hewan dalam lagu anak Jepang.

Kata Kunci: Pengembangan media, permainan flash Doubutsupe, onomatope hewan, douyou.

Published
2020-06-09
Section
Articles
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 30