PENGARUH MEDIA PERMAINAN PUZZLE TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG SISWA KELAS X-6 SMA NEGERI SIDAYU GRESIK TAHUN AJARAN 2012/2013

  • FAHIMATUL ULA

Abstract

Media permainan puzzle digunakan untuk mengatasi kesulitan penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa kelas X-6 di SMAN 1 Sidayu yang bertujuan untuk mencari pengaruh penggunaan media permainan puzzle terhadap penguasaan kosakata bahasa Jepang dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media permainan puzzle dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Siswa kelas X SMAN 1 Sidayu sebagai populasi sedangkan yang menjadi sampel adalah Kelas X-5 sebagai kelas kontrol dan kelas X-6 sebagai kelas Eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen menggunakan rancangan eksperimen murni (True Experiment Design). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil t-test baik pada kelas kontrol (8,27) dan maupun pada  kelas eksperimen (26,18) sama-sama lebih besar daripada nilai t-tabel (2,46). Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai t-test kelas eksperimen dengan menggunakan media permainan puzzle lebih besar daripada nilai t-test kelas kontrol dengan menggunakan media gambar. Berdasarkan hasil angket dari 32 siswa, disimpulkan bahwa siswa tertarik dengan media permainan puzzle karena dapat membantu siswa dalam memahami dan menghafal kosakata bahasa Jepang.

Kata kunci: Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang, Media Permainan Puzzle

 

要旨 

本研究には、X-6クラスSMAN1 Sidayuの日本語の語彙力の難しさを知るためである。Puzzleを研究の教具として取り上げる。研究の目的は二つあり、いわゆるPuzzleを使ってそれからそのPuzzleを使うことに語彙を学習するときに対してどんな影響があるか、どんな学生の反応をあるか。本研究は、KontrolクラスとEksperimenクラスを使用する。KontrolクラスはX-5とEksperimenクラスはX-6である。本研究は定量的な研究で実験のTrue Experiment Designを使用した。t-testで分析した結果によってEksperimenクラスとKontrolクラスの成績が上がった。Kontrolクラスのt-testの結果と(8,27), Eksperimenクラスのt-testの結果は(26,18),両方のt-tabelの結果(2.46)よりも大きい。これは、EksperimenクラスPuzzleのゲームを使用して、t-testの結果は絵のカードを使用して、Kontrolクラスとt-testの結果より大きいことを示している。本研究にはアンケートも使われた。アンケートはEksperimenクラスの学生にどのような反応を表現するのか調べるためである。32学生の学生アンケートの結果によって、Puzzleを使うと日本語の語彙力がつき、語彙も覚えられやすくて、学生はPuzzleを使うのは興味があるそうである。

キーワード: 語彙力, Puzzle

Published
2013-09-11
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 74