PENGEMBANGAN MEDIA GOI GAME BERBASIS WEB PADA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG BUKU NIHONGO 1 DI SMA

  • ATIM MUFARRIDAH

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi seperti internet dalam dunia pendidikan dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran bahasa. Namun kenyataanya pembelajaran dengan memanfaatkan internet dalam pembelajaran bahasa Jepang dirasa sangat kurang. Kenyataan ini melatar belakangi penelitian  pengembangan media Goi Game berbasis web pada pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan modifikasi prosedur pengembangan yang dikemukakan oleh Sugiyono. Penelitian ini memiliki dua rumusan masalah dengan tujuan untuk menguji kelayakan dan efektivitas media pembelajaran yang dikembangkan. Kelayakan media dilihat dari aspek isi dan aspek penyajian  dapat diketahui berdasarkan penilaian dari ahli media dan ahli materi, sedangkan efektivitas media diketahui dari hasil uji coba produk 1 dan uji coba produk 2 di SMA. Uji coba produk dilakukan dengan menggunakan model bofere after yaitu dengan membandingkan efektivitas media lama dan media baru. Subjek yang  yang dipilih siswa kelas XI Bahasa SMA N 2 Lamongan. Kualitas dari Goi Game berbasis web yang dikembangkan mendapat presentase nilai sebesar 92,45% dari ahli media dengan kriteria sangat baik dan presentase nilai sebesar 90,43% dari ahli materi dengan kriteria sangat baik. Hasil uji coba produk 1 pada pretest mendapat presentase nilai indeks prestasi kelompok sebesar 95,66% dengan kriteria sangat baik, sedangkan hasil posttest setelah menggunakan media buku mendapatkan presentase nilai indeks prestasi kelompok sebesar  86,5% dengan kriteria sangat baik. Hasil penelitian uji coba produk 2 pretest setelah menggunakan media buku memperoleh presentase nilai indeks prestasi kelompok sebesar 69,66% dengan kriteria baik, sedangkan hasil posttest setelah menggunakan media Goi Game berbasis web memperoleh penilaian sebesar 91,16% dengan kriteria sangat baik. Dari hasil validasi ahli media dan ahli materi serta uji coba produk terbukti bahwa pengembangan media  Goi Game berbasis web pada pembelajaran kosakata bahasa Jepang buku Nihongo 1 di SMA mendapat penilaian sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata kunci: Goi Game berbasis Web, pembelajaran kosakata bahasa Jepang.

要旨

現在教育の世界では、インターネットなどの情報通信技術が言語学習の媒体として使用されることができる。しかし、日本語学習のための媒体が非常に不足していると思われる。これは、日本語の語彙を勉強するための、ウエブベース語彙ゲーム開発の背景だ。 この語彙ゲームはSugiyonoによって開発され、提案された研究方法を用いた。今研究では、開発した語彙ゲームの実現可能性と有効性をテストすることを目指している。UNESAのメディア専門家と教授から効果的媒体として認められた。さらに 高校での実験1の試みと実験2の試みからも効果的媒体として認められた。ウエブベース語彙ゲームの効果がメディア専門家からとても良いに92,45%、教授から90,43%支持された。実験1では語彙ゲームを使ったプレテストで実験効果からとても良いに95,66%、語彙ゲームを使わず本で勉強する方法のポステストでは86,5%支持された。実験2では、語彙ゲームを使わず本で勉強する方法のプレテストでは良いに69,66%、語彙ゲームを使用し勉強する方法のポステストでは91,16%支持された。UNESAのメディア専門家や教授だけでなく、語彙ゲームは、高校でも日本語1の教科書を学習するための媒体として非常に良いと評価された。

キーワード:ウエブベース語彙ゲーム、日本語の語彙を勉強する。

Published
2013-09-11
Abstract Views: 76
PDF Downloads: 57