PENGEMBANGAN MEDIA GOI GAME BERBASIS WEB PADA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG BUKU NIHONGO 1 DI SMA
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi seperti internet dalam dunia pendidikan dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran bahasa. Namun kenyataanya pembelajaran dengan memanfaatkan internet dalam pembelajaran bahasa Jepang dirasa sangat kurang. Kenyataan ini melatar belakangi penelitian pengembangan media Goi Game berbasis web pada pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan modifikasi prosedur pengembangan yang dikemukakan oleh Sugiyono. Penelitian ini memiliki dua rumusan masalah dengan tujuan untuk menguji kelayakan dan efektivitas media pembelajaran yang dikembangkan. Kelayakan media dilihat dari aspek isi dan aspek penyajian dapat diketahui berdasarkan penilaian dari ahli media dan ahli materi, sedangkan efektivitas media diketahui dari hasil uji coba produk 1 dan uji coba produk 2 di SMA. Uji coba produk dilakukan dengan menggunakan model bofere after yaitu dengan membandingkan efektivitas media lama dan media baru. Subjek yang yang dipilih siswa kelas XI Bahasa SMA N 2 Lamongan. Kualitas dari Goi Game berbasis web yang dikembangkan mendapat presentase nilai sebesar 92,45% dari ahli media dengan kriteria sangat baik dan presentase nilai sebesar 90,43% dari ahli materi dengan kriteria sangat baik. Hasil uji coba produk 1 pada pretest mendapat presentase nilai indeks prestasi kelompok sebesar 95,66% dengan kriteria sangat baik, sedangkan hasil posttest setelah menggunakan media buku mendapatkan presentase nilai indeks prestasi kelompok sebesar 86,5% dengan kriteria sangat baik. Hasil penelitian uji coba produk 2 pretest setelah menggunakan media buku memperoleh presentase nilai indeks prestasi kelompok sebesar 69,66% dengan kriteria baik, sedangkan hasil posttest setelah menggunakan media Goi Game berbasis web memperoleh penilaian sebesar 91,16% dengan kriteria sangat baik. Dari hasil validasi ahli media dan ahli materi serta uji coba produk terbukti bahwa pengembangan media Goi Game berbasis web pada pembelajaran kosakata bahasa Jepang buku Nihongo 1 di SMA mendapat penilaian sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata kunci: Goi Game berbasis Web, pembelajaran kosakata bahasa Jepang.
??
????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????? ????????Sugiyono????????????????????????????????????????????????????????????????UNESA?????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????UNESA?????????????????????????????????????????????????????????????
??????????????????????????????
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

