PENGARUH PENGGUNAAN METODE PERMAINAN KOMUNIKATA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS HURUF HIRAGANA SISWA KELAS X-8 SMA TRIMURTI SURABAYA

Authors

  • NOVITA ARDYANI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode permainan Komunikata dan respon siswa tentang penggunaan metode permainan Komunikata terhadap keterampilan menulis huruf hiragana siswa kelas X-8 SMA Trimurti Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen murni dan diolah secara kuantitatif. Peneliti mengambil populasi siswa kelas X SMA Trimurti Surabaya, sedangkan untuk penentuan sampelnya peneliti mengambil kelas X-8 sebagai kelas eksperimen dan X-7 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan yaitu metode permainan Komunikata tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis huruf hiragana siswa kelas X-8 SMA Trimurti Surabaya dan respon siswa menunjukkan bahwa penggunaan metode permainan Komunikata menarik, menyenangkan, memotivasi siswa dan siswa menjadi lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dikelas.

Kata Kunci: Metode Permainan, permainan Komunikata, keterampilan menulis huruf hiragana

??

??????????????????????????????????????????????????????”???????????????????True Eksperimental Design????????????????????????????????????????????????X ??????????????????????X-8?????????X-7????????????????????????????????????????????????????X-8 ? ??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

?????:????????????????????

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2013-09-11
Abstract views: 45 , PDF Downloads: 94