PENGEMBANGAN LKS BAHASA JEPANG ??? BERMUATAN KARAKTER PADA MATERI KATA BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KATA BILANGAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 MOJOKERTO TAHUN PELAJARAN 2013-2014
Abstract
Penelitian ini, merupakan penelitian pengembangan LKS bahasa Jepang bermuatan karakter yang difokuskan pada materi kata bilangan untuk meningkatkan penguasaan kata bilangan siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Mojokerto. Tujuan penelitian pengembangan LKS ini untuk mengetahui kualitas LKS, efektivitas LKS, serta respon siswa terhadap LKS dalam meningkatkan penguasaan kata bilangan bahasa Jepang. LKS yang dikembangkan merupakan LKS bermuatan karakter, tetapi penelitian ini tidak menilai perubahan karakter siswa sebelum atau sesudah menggunakan LKS. Metode yang digunakan dalam mengembangkan LKS ini adalah model pengembangan R&D (research and development) yang dikemukakan oleh Sugiyono. Dikarenakan keterbatasan, biaya dan waktu maka pengembangan LKS ini tidak sampai pada tahap produksi masal, melainkan hanya sampai tahap ujicoba produk saja. LKS yang dikembangkan diujicobakan pada 40 siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Mojokerto. Kualitas LKS dapat dilihat dari hasil validasi isi yang dilakukan oleh ahli media dan validasi konstruksi yang dilakukan oleh ahli media. Dari hasil validasi isi yaitu penilaian pada isi materi LKS didapatkan hasil 83,93% dengan kriteria penilaian sangat baik dan dari validasi konstruksi yaitu nentuk fisik LKS didapatkan hasil 96,67% dengan kriteria penilaian sangat baik. Dengan hasil tersebut maka bisa dinilai kualitas LKS sangat baik untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Jepang. Evektivitas LKS dapat dilihat dari hasil nilai siswa XI IPA1 setelah mengerjakan soal pre-test dan soal post- test. Dari hasil ujicoba didapat rata-rata nilai pre-test siswa 52,12 dan rata-rata nilai post-test siswa 83, karena terjadi peningkatan dari rata-rata nilai pretest ke post test dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan pada nilai siswa sebelum dan sesudah menggunakan LKS dalam pembelajaran kata bilangan bahasa Jepang, dengan adanya hasil tersebut maka LKS yang telah dikembangkan terbukti efektif untuk meningkatkan penguasaan kata bilangan bahasa Jepang. Angket respon diberikan kepada siswa setelah menggunakan LKS. Hasil yang diperoleh dari angket respon yaitu 79,32% dengan kriteria penilaian baik dan layak digunakan dalam pembelajaran. Dari hasil penilaian, maka dapat disimpulkan bahwa Pengembangan LKS Bahasa Jepang Bermuatan Karakter pada Materi Kata Bilangan untuk Meningkatkan Penguasaan Kata Bilangan Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Mojokerto Tahun Pelajaran 2013-2014 yang telah dikembangakan layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Jepang dan efektif untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kata bilangan bahasa Jepang kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Mojokerto.
??
??????????????????????????????? XI ??????? ??????????????????????????????????????????? ??????????????????????????????????????????? ??????????????????????????????????????????? ????????????????????????? ??????????? Sugiyono ?? R&D (research and development)???????? ??????????????????????????????????????????? ??????????????????????????????????????????? ??????????????????????????????????????????? ???????????????????????? ????????????????????? XI IPA 1? 40???????????? ???????????????????????????????????????????
Hikari Nomor 02 Volume 02 Tahun 2014, Halaman 1-7
????????????????????????????????????? 83,93%??? ?????????????????????? 96,67% ?????????????????? ??????????????????????????? XI IPA 1???? pre-test ? post-test ??????????????????????????? pre-test ?????? 52,12 ???? ??post-test ?????? 83 ????????????????????????????? ?????????????????????????????????? ???????????????????????????????????79,32%? ??????????????????????????????????????????? ??????????? XI IPA 1????????????????????????
Downloads

