PENGEMBANGAN LKS BAHASA JEPANG はなび BERMUATAN KARAKTER PADA MATERI KATA BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KATA BILANGAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 MOJOKERTO TAHUN PELAJARAN 2013-2014

  • GRIESTIYAH VALME DE KERTO

Abstract

Penelitian ini, merupakan penelitian pengembangan LKS bahasa Jepang bermuatan karakter yang difokuskan pada materi kata bilangan untuk meningkatkan penguasaan kata bilangan siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Mojokerto. Tujuan penelitian pengembangan LKS ini untuk mengetahui kualitas LKS, efektivitas LKS, serta respon siswa terhadap LKS dalam meningkatkan penguasaan kata bilangan bahasa Jepang. LKS yang dikembangkan merupakan LKS bermuatan karakter, tetapi penelitian ini tidak menilai perubahan karakter siswa sebelum atau sesudah menggunakan LKS. Metode yang digunakan dalam mengembangkan LKS ini adalah model pengembangan R&D (research and development) yang dikemukakan oleh Sugiyono. Dikarenakan keterbatasan, biaya dan waktu maka pengembangan LKS ini tidak sampai pada tahap produksi masal, melainkan hanya sampai tahap ujicoba produk saja. LKS yang dikembangkan diujicobakan pada 40 siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Mojokerto. Kualitas LKS dapat dilihat dari hasil validasi isi yang dilakukan oleh ahli media dan validasi konstruksi yang dilakukan oleh ahli media. Dari hasil validasi isi yaitu penilaian pada isi materi LKS didapatkan hasil 83,93% dengan kriteria penilaian sangat baik dan dari validasi konstruksi yaitu nentuk fisik LKS didapatkan hasil 96,67% dengan kriteria penilaian sangat baik. Dengan hasil tersebut maka bisa dinilai kualitas LKS sangat baik untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Jepang. Evektivitas LKS dapat dilihat dari hasil nilai siswa XI IPA1 setelah mengerjakan soal pre-test dan soal post- test. Dari hasil ujicoba didapat rata-rata nilai pre-test siswa 52,12 dan rata-rata nilai post-test siswa 83, karena terjadi peningkatan dari rata-rata nilai pretest ke post test dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan pada nilai siswa sebelum dan sesudah menggunakan LKS dalam pembelajaran kata bilangan bahasa Jepang, dengan adanya hasil tersebut maka LKS yang telah dikembangkan terbukti efektif untuk meningkatkan penguasaan kata bilangan bahasa Jepang. Angket respon diberikan kepada siswa setelah menggunakan LKS. Hasil yang diperoleh dari angket respon yaitu 79,32% dengan kriteria penilaian baik dan layak digunakan dalam pembelajaran.   Dari hasil penilaian, maka dapat disimpulkan bahwa Pengembangan LKS Bahasa Jepang Bermuatan Karakter pada Materi Kata Bilangan untuk Meningkatkan Penguasaan Kata Bilangan Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Mojokerto Tahun Pelajaran 2013-2014 yang telah dikembangakan layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Jepang dan efektif untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kata bilangan bahasa Jepang kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Mojokerto.

 
 要旨

問題集は日本語の学習で一つの教材として使われている。本研究では XI 年生の数字の体 得を高めるために数字に関する人格形成問題集が開発された。研究の目的は問題集の質、問題集 の効果、数字の体得を高めるための問題集に対する生徒の答弁を知ることである。しかし、人格 形成問題集が開発されたとはいえ、問題集を使う前後の生徒のキャラクターを評価しない。それ は本研究の焦点は数字の体得を高めるためなのである。 問題集を開発するために Sugiyono 氏の R&D (research and development)という研究法が使 われている。開発のステップは有力と問題、データの収集、物産のデザイン、デザインの確認、 デザインの修正、物産の試行、物産の修正、試行、物産の修正、そして最後はマスプロダクショ ンである。費用と時間が限られているため、問題集の開発は物産の試行というステップまで行わ れ、最終のマスプロダクションまで達成していない。 開発された問題集は国立モジョケルト第3高校 XI IPA 1の 40人の生徒に試行した。問題 集の質は二人のメディア専門家によって確認された問題の内容、一人のメディア専門家による構
Hikari Nomor 02 Volume 02 Tahun 2014, Halaman 1-7  
造の確認からみられる。問題の内容の確認結果は非常にいいというクライテリアで 83,93%を取得 し、構造の確認結果はいいというクライテリアで 96,67% を取得した。つまり、日本語の学習のた め、この問題集は適正であることがわかる。問題集の効果は XI IPA 1の生徒の pre-test と post-test の点数からみられる。試行のテストの結果によって、生徒の pre-test の点数は平均 52,12 点に反し て、post-test の点数は平均 83 点である。この結果をみれば、問題集を使った後、数字の体得を 高めることができることが証明され、問題集は効果的であることを示した。 答弁のアンケットは問題集を使った後に配られた。答弁のアンケットの結果、79,32%に 達成し、非常にいいというクライテリアで、学習に適正である。つまり、開発された問題集は国 立モジョケルト第3高校 XI IPA 1のクラスにおける日本語学習に適正で効果的である。

Published
2014-08-09
Section
Articles
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 43