Fermentasi Limbah Cair Tahu Menggunakan EM4 Sebagai Alternatif Nutrisi Hidroponik dan Aplikasinya pada Sawi Hijau (Brassica juncea var. Tosakan)

  • ARIS SUTRISNO

Abstract

Nutrisi AB mix merupakan nutrisi yang umum digunakan dalam pertanian sistem hidroponik. Akan tetapi karena harga jualnya yang mahal mengakibatkan biaya produksi meningkat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kualitas hasil fermentasi limbah cair tahu menggunakan EM4 dan mencari konsentrasi yang optimal dari hasil fermentasi limbah cair tersebut terhadap pertumbuhan sawi hijau (Brassica juncea var. Tosakan). Penelitian ini terdiri dari dua tahap. Penelitian tahap pertama merupakan penelitian deskriptif, yaitu fermentasi limbah cair tahu dengan EM4 dan tahap kedua merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan perlakuan tiga konsentrasi fermentasi limbah cair tahu,  20%, 30%, dan 40% dengan tiga parameter, yaitu tinggi tanaman, jumlah daun, dan biomassa basah tanaman. Analisis data pada tahap pertama dilakukan secara deskriptif dan analisis tahap kedua menggunakan uji Anava Satu Arah dan dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT). Hasil penelitian menunjukkan kandungan unsur hara hasil fermentasi limbah cair tahu menggunakan EM4 ditinjau dari kriteria unsur N, K, dan C-Organik tercatat tinggi, yaitu 1,16%; 1,13%; dan 5,803, sedangkan unsur hara P tercatat rendah, yaitu 0,04%. Hasil pertumbuhan tanaman sawi hijau menunjukkan jumlah daun antara perlakuan kontrol dengan konsentrasi 40% tidak menunjukkan perbedaan yang nyata, sedangkan pada parameter tinggi tanaman dan biomassa basah tanaman, perlakuan kontrol memberikan hasil yang terbaik dibandingkan perlakuan yang lain. Secara umum, nutrisi hasil fermentasi limbah cair menggunakan EM4 mampu memengaruhi pertumbuhan sawi hijau tetapi belum seoptimal nutrisi AB mix.

 

Kata kunci:  Fermentasi; limbah cair tahu; Effective Microorganisme (EM4); hidroponik; sawi hijau (Brassica juncea var. Tosakan)

Published
2015-02-04
Section
Articles
Abstract View: 141
PDF Download: 250