KESALAHAN PENGGUNAAN KATA PENGHUBUNG “只有zhǐyǒu...才cái...” DAN “只要zhǐyào...就jìu...” DALAM KALIMAT MAJEMUK BAHASA MANDARIN PADA MAHASISWA PRODI S1 PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN ANGKATAN 2013 UNESA
Abstract
ABSTRAK
KESALAHAN PENGGUNAAN KATA PENGHUBUNG “只有…, 才…” DAN “只要…, 就…” DALAM KALIMAT MAJEMUK BAHASA MANDARIN PADA MAHASISWA PRODI S1 PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN ANGKATAN 2013
NamaPeneliti: Suci Fatimah
NIM : 11020774230
Prodi : S1 PendidikanBahasa Mandarin
Fakultas: BahasadanSeni
NamaLembaga: UniversitasNegeri Surabaya
Pembimbing: 1. Dr. TheaSairine, MTCM, M.L, Ph. D
2. Dr. Maria Mintowati, M. Pd
Tahun: 2016
Kata Kunci: KesalahanBerbahasa, Kata Penghubung, “只有…, 才…” dan “只要…, 就…”.
Dewasa ini, bahasa Mandarin sangat dibutuhkan, baik dunia pendidikan maupun dunia usaha. Hal ini menyebabkan banyak masyarakat Indonesia menjadikan bahasa Mandarin sebagai bahasa kedua. Pembelajar bahasa kedua bahasa Mandarin tidak lepas dari kesalahan berbahasa, terutama dalam membedakan penggunaan kata penghubung subordinatif bersyarat “只有…, 才…” dan “只要…, 就…”. Penelitian ini menganalisis bentuk kesalahan dan penyebab terjadinya kesalahan dalam penggunaan kata penghubung “只有…, 才…” dan “只要…, 就…” oleh mahasiswa Prodi Bahasa Mandarin 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes dan angket yang dianalisis berdasarkan teknik analisis data modifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk kesalahan yang dilakukan subjek penelitian terletak pada taksonomi siasat permukaan yaitu salah susun dan salah formasi yang disebabkan oleh kurangnya pemahaman mahasiswa pada perbadaan penggunaan kata hubung “只有…, 才…” dan “只要…, 就…”dan kesalahan menyusun struktur kalimat yang masih terpengaruh oleh bahasa ibu.
ABSTRACT
ERROR CONNECTING THE USE OF WORDS "只有 ..., 才 ..." AND "只要 ..., 就 ..." COMPOUND SENTENCESBY THE STUDENTS OF 2013 MANDARIN LANGUAGE EDUCATION IN STATE UNIVERSITY OF SURABAYA
Name: Suci Fatimah
NIM: 11020774230
Study Program: Chinese Education
Faculty: Language and Arts
Name of Institution: State University of Surabaya
Supervisor: 1. Dr. TheaSairine, MTCM, M.L, Ph. D
2. Dr. Maria Mintowati, M. Pd
Year: 2016
Keywords: Errors Speak, Conjuntions, "只有 ..., 才 ..." and "只要..., 就 ...".
These days, Mandarin is needed, both the education and business world.This leads make many Indonesia people to Mandarin as a second language. The Second language learners of Mandarin can’t be separated from language mistakes, especially in differentiating the use of conditional subordinating conjunctions "只有 ..., 才 ..." and "只要..., 就 ...". In this study analyzed the shape error and cause of error in using common words "只有 ..., 才 ..." and "只要..., 就 ..." by students Prodi Mandarin 2013. The method used in this research is descriptive qualitative method. Data collection techniques using tests and questionnaires were analyzed based on modification data analysis techniques.
The results showed that the shape of the mistakes made by the subject of the research lies in surface strategy taxonomy that misodering and misformation caused by a lack of understanding of students on each difference in the use of conjunctions "只有 ..., 才 ..." and "只要..., 就 ..." and errors structuring a sentence that is still influenced by the mother tongue.
PDF Downloads: 173