ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA MEDIA SOSIAL FACEBOOK GRUP WUHAN

  • BINTANG RAMADHAN TRILIPITA

Abstract

ABSTRAK

ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA MEDIA SOSIAL FACEBOOK GRUP WUHAN

Nama Mahasiswa: Bintang Ramadhan Trilipita

NIM:11020774241

Prodi/ Jurusan: S1 Pendidikan Bahasa Mandarin

Fakultas: Bahasa dan Seni

Nama Lembaga: Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing: Dr. Subandi, M. Litt

Tahun: 2016

Kata kunci : Alih kode, Campur kode, Facebook, Grup Wuhan

Penggunaan campur kode dan alih kode menjadi tren olehpengguna berbagai macam media sosial, terutama pada media sosial facebook. Dengan semakin banyaknya masyarakat yang mulai belajar bahasa Mandarin, penggunaan bahasa Mandarin pun tak lepas dari pengaruh alih kode dan campur kode. Peneliti memilih grup ‘Wuhan’pada media sosial facebook dikarenakan banyak ditemukannya data hasil postingan dan komentar yang menggunakan bahasa Mandarin dan bahasa Inggris. Karenanya, fenomena alih kode dan campur kode dalam grup ini menarik untuk diteliti. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini meneliti wujud alih kode dan campur kode, faktor penyebab terjadinya alih kode dan campur kode, dan fungsi alih kode dan campur kode terhadap proses komunikasi dalam media sosial facebook grup Wuhan. Penelitian ini bertujuan untuk:

1)Mendeskripsikan perwujudan alih kode dan campur kode yang digunakan oleh pengguna media sosial facebook grup Wuhan.

2)Mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya alih kode dan campur kode oleh pengguna media sosial facebook grup Wuhan.

3)Mendeskripsikan fungsi alih kode dan campur kode terhadap proses komunikasi dalam media sosial facebook grup Wuhan.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dengan metode analisis deskriptif kualitatif, untuk menganalisis alih kode dan campur kode pada media sosial facebook grup Wuhan. Data penelitian ini diambil dari percakapan di media sosial facebook grup Wuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:

1)Wujud alih kode yang terdapat dalam percakapan di media sosial facebook grup Wuhan adalah alih kode ekstern dan alih kode sementara. Wujud campur kode adalah penyisipan unsur berwujud frasa, baster, ungkapan atau idiom, dan klausa.

2)Faktor yang memengaruhipenyebab terjadinya alih kode meliputi, pribadi pembicara, lawan bicara, dan berubahnya topik. Sedangkan faktor penyebab campur kode sendiri terdapat mengakrabkan suasana, menghormati lawan bicara, meyakinkan topik pembicaraan, membangkitkan rasa humor dan sekadar bergaya atau bergengsi.

3)Fungsi alih kode yakni mengakrabkan suasana, menghormati lawan bicara, meyakinkan topik pembicaraan, untuk membangkitkan rasa humor, dan untuk sekadar bergaya dan bergengsi. Adapun fungsi campur kodenya terdapat menanyakan sesuatu, menegaskan pembicaraan, mengungkapkan perasaan, menawarkan sesuatu dan permintaan. Kemudian pengaruh alih kode dan campur terhadap proses komunikasi membuat komunikasi berjalan lancar dan baik. Dikarenakan antara penutur dan petutur saling mengerti bahasa asing yang digunakan, penyampaian maksud yang ingin disampaikan dapat dipahami dan ditangkap dengan jelas oleh keduanya.

ABSTRACT
CODE SWITCHING AND CODE MIXING OF SOCIAL MEDIA ON WUHAN GROUP FACEBOOK

Name: Bintang Ramadhan Trilipita
NIM: 11020774241
Prodi: Chinese Education

Faculty: Language and Arts

Name of Institution: State University of Surabaya

Supervisor: Dr. Subandi, M. Litt
Year: 2016

Keywords: Code Switching, Code Mixing, Facebook, Wuhan Group.

The use of code-mixing and code switching is a trend by a wide variety of social media users, especially on social media Facebook. More people started to learn Chinese, so the use of Chinese Language was not separated from the influence of code switching and code-mixing. Researchers chose the 'Wuhan Group' on social media Facebook because a lot of the discovery data of posts and comments using Chinese and English. Therefore, the phenomenon of code switching and code-mixing in this group is interesting to be studied. Based on this background, this study examines the form of code switching and code-mixing, the factors that cause code switching and code-mixing, and functions of code switching and code-mixing in the process of communication in social media Wuhan Group Facebook. This research aims to:

1) Describe the embodiment of code switching and code-mixing used by users of social media on Wuhan Group Facebook.

2) Describe the causes of code switching and code-mixing by users of social media on Wuhan Group Facebook.

3) Describe the function of code switching and code-mixing in the process of communication in social media on Wuhan Group Facebook.

This study is a qualitative research. Research method is descriptive qualitative analysis to analyze the code switching and code-mixing in social media Facebook of Wuhan Group. The research data was taken from conversations in social media Facebook of Wuhan Group. The results showed that:

1) The form of code contained in the conversation on social media Facebook of Wuhan Groupis over the external code and the transient code switching. The form of code-mixing is the insertion of the phrase intangible elements, baster, expressions or idioms, and clauses.

2) Factors influencing the causes of code includes personal speaker, listener, and the changing of topic. While the form of code-mixing alone are used to familiarizing atmosphere, respecting the other person, to convince the topic of conversation, to evoke a sense of humor and just the style of expression to attract other people.

3) The function of the code switching are used to familiarizing atmosphere, respecting the other person, to convince the topic of conversation, to evoke a sense of humor, and for just the style of expression to attract other people. While the function of the code is used to ask something, confirmed the conversation, express their feelings, offer something and request. Then the effect of code and mix to make the communication process runs good and smoothly. Due between speaker and hearer understand each foreign language is used, then delivery of intention to convey can be understood and captured clearly by both.

Published
2016-04-28
How to Cite
RAMADHAN TRILIPITA, B. (2016). ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA MEDIA SOSIAL FACEBOOK GRUP WUHAN. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/14771
Section
Articles
Abstract Views: 364
PDF Downloads: 579