PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN JEOPADRY TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS HANZI DASAR SISWA KELAS X BAHASA SMA NEGERI 1 PURI MOJOKERTO TAHUN AJARAN 2015/2016

  • SEPTIYASANI PUSPITA DEWI

Abstract

Abstrak

Menulis Hanzi merupakan salah satu aspek yang cukup sulit dalam mempelajari bahasa Mandarin karena dalam penulisan Hanzi tidak menggunakan huruf melainkan fonem. Pembelajaran yang monoton akan membuat siswa kurang bersemangat dan termotivasi dalam mengikuti pelajaran. Oleh karena itu, diperlukan media permainan Jeopardy untuk meningkatkan keterampilan menulis Hanzi dasar siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Puri Mojokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis pre-experimental karena hanya menggunakan satu kelas saja sebagai subyek penelitian. Terdapat tiga data dalam penelitian ini yaitu data pre-test dan post-test, lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta angket respon siswa. Teori analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan t-signifikasi diperoleh 14,08 > t (0,05,db) = t (0,05;29) = 1,70. Nilai tersebut lebih besar daripada nilai tabel, menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara nilai Mpre dan Mpost. Pada lembar observasi berdasarkan skor skala Likert menunjukkan adanya pengaruh yang sangat baik pada aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Selain itu, hasil angket respon siswa menunjukkan dari 30 siswa, 88,3% menyatakan penggunaan media permainan Jeopardy sangatefektif dalam pembelajaran menulis Hanzi.

Kata Kunci : media, permainan Jeopardy, Hanzi dasar

Abstract

Writing Hanzi is one of aspects that is hard to learning Chinese because Hanzi writing doesn’t use letters but phoneme. Monotoun teaching will make students less enthusiastic and not motivated in teaching learning process. Therefore Jeopardy game is needed to use in order to impress the basic Hanzi writing skill of the language tenth graders of SMANegeri 1Puri Mojokerto. This study was a pre-experimental quantitative research with a one group pre-test post-test design, which use only one class as the subject of the study. There were three data in this study which were pre-test and post-test, teacher and student observation sheet and questionaires. The data analysis theory used in this study was descriptive statistic. The observation sheet based on Likert’s scale score analysis shows “very good” category on the teacher and student activity in the teaching learning process in class. Besides, the questionaires show from 30 students 88,3% of student stated that the use of Jeopardy game was very effective in Hanzi writing teaching.

Keywords: media, Jeopardy game, basic Hanzi

Published
2016-05-26
How to Cite
PUSPITA DEWI, S. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN JEOPADRY TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS HANZI DASAR SISWA KELAS X BAHASA SMA NEGERI 1 PURI MOJOKERTO TAHUN AJARAN 2015/2016. Jurnal Bahasa Mandarin, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/15278
Section
Articles
Abstract Views: 90
PDF Downloads: 167