Pengaruh Pengunaan Media Permainan Memory-Spiel terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Siswa Kelas X IPA 7 MAN Sidoarjo Tahun Ajaran 205/2016

  • FIRDA AULIA URRAHMAH

Abstract

Abstrak

Pembelajaran bahasa Mandarin di MAN Sidoarjo mengalami kesulitan yang disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah minat siswa untuk mempelajari bahasa Mandarin itu sendiri, dan media yang digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Mandarin membosankan bagi siswa. Penguasaan kosakata yang banyak akan membantu siswa untuk lebih lancar dalam berkomunikasi secara lisan maupun tulisan. Media yang digunakan dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin sudah semakin bervariasi, tetapi media permainan Memory-Spiel belum pernah digunakan di MAN Sidoarjo. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengetahui pengaruh penggunaan media permainan Memory-Spiel dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin di kelas X IPA 7 MAN Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media permainan Memory-spiel terhadap penguasaan kosakata bahasa Mandarin dan respon siswa kelas X IPA 7 MAN Sidoarjo tahun ajaran 2015-2016 terhadap penggunaan media permainan Memory-spiel dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan True Eksperiment Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Sidoarjo, sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas X IPA 7 MAN Sidoarjo sebagai kelas eksperimen dan X IPA 6 MAN Sidoarjo sebagai kelas kontrol.

Proses pembelajaran bahasa Mandarin dengan menggunakan media permainan Memory-Spiel berjalan sangat baik. Hal ini dapat diketahui dari hasil data analisis observasi aktivitas guru dan siswa pada kelas eksperimen hasil persentase aktivitas guru pertemuan 1 dan 2 sebesar 83,82%, untuk aktivitas siswa pada pertemuan 1 sebesar 91,6% dan pertemuan kedua 94,44%. Hasil analisis data yang diperoleh dari pretest dan posttest diperoleh hasil =3,5, db = 74 selanjutnya dikonsultasikan dengan melihat nilai tabel taraf 5%. Dengan harga =3,5 dan db=74, maka diketahui bahwa harga menunjukkan lebih besar dati t-tabel (3,5>2,00). Harga signifikan. Dengan demikian analisis data perolehan hasil belajar siswa kelas X IPA 6 terhadap penguasaan kosakata bahasa Mandarin dengan menggunakan media permainan Memory-Spiel memiliki perbedaan signifikan dengan kelas kontrol yang menggunakan media Power Point.Angket respon siswa terhadap pengunaan media permainan Memory-Spiel diberikan pada kelas eksperimen. Respon siswa kelas X IPA 7 MAN Sidoarjo terhadap penggunaan media permainan Memory-Spiel adalah baik. Hal ini dapat dilihat dari persentase analisis data angket siswa sebesar 79,8% dalam skala Likert termasuk dalam kriteria baik (61-80%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media permainan Memory-Spiel baik digunakan untuk penguasaan kosakata bahasa Mandarin.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Memory-Spiel, Penguasaan Kosakata

Abstract

Learning chinese vocabulary in MAN Sidoarjo had some difficulty which caused by various factor, such as students interest in studying chinese, and the monotonous media which used in learning process for students. A lot of mastery vocabulary will help students to be fluent in communicating orally and in writing. The media which used in learning process of chinese vocabulary had increase variation, but media memory-spiel game had not used in MAN Sidoarjo. Consequently, the researcher interest to find out the effect of use media memory-spiel game in learning chinese vocabulary at X Exact 7 class of MAN Sidoarjo. The purpose of this research are to describe the effect of use media memory-spiel game to mastery chinese vocabulary and to find out the response of class X exact 7 students of MAN Sidoarjo 2015-2016 of using media memory-spiel game in chinese learning vocabulary.This research is an experiment research using true experiment design. The population of this research are X students of MAN Sidoarjo, where the sample of this research are X Exact 7 students of MAN Sidoarjo as an experimental class and X Exact 6 students of MAN Sidoarjo as the control class.

Mandarin language learning process by using the media game Memory-Spiel goes very well . It can be seen from the results of data analysis activity observation of teachers and students in the experimental class teacher activity meeting the percentage of 1 and 2 amounted to 83.82 % , for the activities of the students at the meeting amounted to 91.6 % 1 and the second meeting of 94.44 % .The result of the analyze data which obtained from pretest and posttest is =3,5, db = 74 and consultancy that refer to level table score 5%. Accompanying score =3,5 and db=74, then known that score shows greater than t-table (3,5>2,00). Score significant. Thus the result of analyze data outcome of studying students class X Exact 6 about mastery chinese

vocabulary which used media memory-spiel game had difference significant with control class which used power point. The students questionnaire respons about the use of media memory-spiel game given to experiment class. The students class X exact 7 of MAN Sidoarjo respons about the use of media memory-spiel game is good. It can be shown from the analyze percentage data of students questionnaire respons is 79,8%. In Likert scale included in good criteria. So it can be summed up that media memory-spiel game good for using of mastery chinese vocabulary.

Keyword: Learning Media, Media Memory-Spiel Game, Mastery Vocabulary

Published
2016-06-02
How to Cite
AULIA URRAHMAH, F. (2016). Pengaruh Pengunaan Media Permainan Memory-Spiel terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Siswa Kelas X IPA 7 MAN Sidoarjo Tahun Ajaran 205/2016. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/15305
Section
Articles
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 162