Keefektifan Penggunaan Metode Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Siswa Kelas XI MIA 5 SMA Negeri 8 Surabaya Tahun Ajaran 2015-2016

  • DIAH AYU PUNGKY W

Abstract

Abstrak

Metode snowball throwingmenuntut siswa berperan aktif selama pembelajaran berlangsung, karena pada penerapannya metode snowball throwingmenuntut siswa mencari jawaban atas pertanyaan yang diajukan kepada mereka serta mengupayakan pemecahan atas masalah itu sendiri sehingga kegiatan tersebut melibatkan siswa untuk berfikir serta bekerja.

Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana penerapan metode pembelajaran snowball throwing terhadap kemampuan penguasaan kosakata siswa kelas XI MIA 5 SMA Negeri 8?; (2) bagaimana pengaruh penggunaanmetode snowball throwing terhadap kemampuan penguasaan kosakata siswa kelas XI MIA 5 SMA Negeri 8?; (3) bagaimana respon siswa kelas XI MIA 5 SMA Negeri 8 Surabaya terhadap metode snowball throwing dalam kemampuan penguasaan kosakata?.

Bertumpu dari rumusan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran snowball throwing terhadap kemampuan penguasaan kosakata siswa kelas XI MIA 5 SMA Negeri 8?; (2) mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode snowball throwing terhadap kemampuan penguasaan kosakata siswa kelas XI MIA 5 SMA Negeri 8 Surabaya; (3) mendeskripsikan respon siswa kelas XI MIA 5 SMA Negeri 8 Surabaya terhadap metode snowball throwing dalam kemampuan penguasaan kosakata.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian True Experimental Design karena adanya kelas kontrol sebagai pembanding sehingga akibat yang diperoleh dapat diketahui secara pasti. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIA 5 dengan jumlah siswa 39 orang, 22 adalah perempuan, dan 17 adalah pria sebagai kelas eksperimen. XI MIA 3 dengan jumlah siswa40 orang, 26 adalah wanita, dan 14 adalah pria sebagai kelas kontrol.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, observasi, dan angket. Hasil analisis data pre-test dan post-test diuji dengan menggunakan rumus uji-t (t-test) untuk mengetahui perbedaan signifikansi. Observasi bertujuan untuk mengetahui aktifitas guru selama pembelajaran berlangsung, lembar observasi diisi oleh guru mata pelajaran bahasa Mandarin SMA Negeri 8. Observasi dilakukan selama 4 kali pertemuan di kelas kontrol maupun elsperimen. Lembar angket diberikan kepada kelas eksperimen pada pertemuan kedua, hasil analisis lembar angket digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan metode pembelajaran snowball throwing.

Hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa hasil perolehan thitung=8 dan db = 70. Dengan taraf signifikan 5%, diperoleh ttabel1,658, ternyata thitung lebih besar dari ttabel yaitu 8>1,658. Dengan demikian hipotesis nol (H0) yang berbunyi tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen ditolak. Hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen diterima.

Hasil analisis angket respon siswa menunjukkan bahwa dari kesepuluh pernyataan yang diberikan jawaban siswa pada kisaran prosentase 61%-100% yang artinya pada kriteria penilaian kuat-sangat kuat. Hasil yang diperoleh dari uji t-test dan dari angket respon siswa menunjukkan bahwa metode pembelajaran snowball throwing efektif mampu meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata bahasa Mandarin siswa SMA Negeri 8 Surabaya.

Kata Kunci: metode, metode snowball throwing, kosakata, penguasaan kosakata bahasa mandarin.

Abstract

Throwing snowball method requires students to take an active role during the learning takes place, because to the implementation throwing snowball method requires students seek answers to the questions put to them and seeking solutions to the problem itself so think and work.

Based on the background above the problem in this research are; (1) how the application of learning method of snowball throwing on ability of student vocabulary MIA 5 SMA Negeri 8; (2) how does the use of the method of snowball throwing on ability of class XI student vocabulary MIA 5 SMA Negeri 8; (3) how is the response MIA class XI student of SMA Negeri 8 Surabaya 5 against snowball throwing method in vocabulary ability?

Rests of the formulation of the problem, this study aims to; (1) describe the application of throwing the snowball method of use of the ability of class XI MIA 5 SMAN 8 Surabaya; (2) describe the effect of throwing the snowball method of use of the ability of class XI MIA 5 SMAN 8 Surabaya; (3) describe the response of students of class XI MIA 5 SMAN 8 Surabaya againt throwing snowball method in ability to master vocabulary

This study included research into the type of true experimental design for their control group for comparison so that a result obtained can be known for certain. The sample was grade XI MIA 5 with the number of student 39 people,, 22 were women and 17 were mn as a class experiment. XI MIA 3 by the number of students 40 people, 26 were women and 14 were men as the control class.

Data collection techniques used in this study is the testing techniques observation, and questionnaires. The result of the data analysis pre-test and post-test were than tested using the formula t-test to determine significant differences. Observations aims to determine the activities of teachers during the learning takes place, the observation sheet filled out by the subject teachers of Mandarin SMA 8. The observations were made during the four meetings in the control class and experiment. Sheet questionnaire given to the experimental class in the second meeting, the result of the questionnaire sheet analysis is used to determine the students response to the application of learning methods snowball throwing.

The final result of this study indicate that the result of the acquisition of t=8 and db=70. With the significant level of 5% tabel 1.658. this obtained, apparently greater than table ie 8>1.658. this the hipothesis (Ho) thas says there is no significant different between the result of classroom learning control and the experimental class rejected. Where as the alternative hypothesis (Ha) which says there is significant different between the result of classroom learning control and the experimental class received. So the use of snowball throwing effective metod to increase the ability of Chinese student’s mastery of vocabulary

The results of the analysis of student questionnaire responses showed that out of the ten statements given percentage of the student’s answers in the range of 61%-100% which means the assessment criteria strong-very strong. So the use of snowball throwing effective metod to increase the ability of Chinese student’s mastery of vocabulary.

Kata Kunci:method, snowball throwing method, Chinese vocabulary ability.

Published
2016-06-20
How to Cite
AYU PUNGKY W, D. (2016). Keefektifan Penggunaan Metode Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Siswa Kelas XI MIA 5 SMA Negeri 8 Surabaya Tahun Ajaran 2015-2016. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/15561
Section
Articles
Abstract Views: 103
PDF Downloads: 107