KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN WORDWALL TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X SMA GIKI 2 SURABAYA

  • WEKA WARDANI

Abstract

ABSTRAK

Dalam mempelajari suatu bahasa atau bahasa asing, ada beberapa hal penting yang harus dikuasi oleh pembelajar bahasa asing, salah satunya adalah penguasaan kosakata Kosakata merupakan salah satu aspek terpenting dalam mempelajari bahasa Mandarin. Oleh karena itu, dengan kosakata dapat menunjang empat penguasaan berbahasa yaitu, mendengar,berbicara, membaca,dan menulis.

Pemanfaatan media pembelajaran dalam pengajaran sangatlah penting, salah satunya dalam pembelajaran bahasa Mandarin. Salah satu media yang dapat digunakan ada media permainan Wordwall. Dengan menggunkan media ini diharapkan pemahaman kosakata bahasa Mandarin pada siswa akan meningkat. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen TrueExperimental (eksperimen yang betul-betul) dengan menggunakan jenis Pretest-Posstest Control Group Design.

Populasi dalam penilitian ini adalah siswa kelas X SMA GIKI 2 Surabaya Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Penelitian ini menggunakan teknik area sampling (Cluster Sampling). Kelas X -1 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 36 siswa dan kelas X-6 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 30 siswa . Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal pretest dan posttest serta angket siswa. Analisis data untuk hasil belajar siswa menggunakan uji T, lembar observasi dianalisis menggunakan skala Persentase sedangkan angket dianalisis menggunakan skala likert.

Lembar observasi guru digunakan untuk menegetahui aktivitas guru selama proses pembelajaran bahasa Mandarin dengan menggunakan media permainan wordwall . Pada pertemuan pertama adalah 95% dan pada pertemuan kedua adalah 97,5% . Hasil observasi menunjukkan bahwa proses pembelajaran bahasa Mandarin pada kelas eksperimen sudah berjalan baik.

Dari hasil analisis data hasil belajar siswa diperoleh harga t0 = 5,45 dan db = 64, selanjutnya dikonsultasikan dengan melihat nilai tabel taraf 5%. Dengan harga t0 = 5,45 dan db = 64 , maka diketahui bahwa harga ts 0.05 = 2,00 menunjukkan t lebih besar dari t tabel (2,00 <5,45. Dengan demikian analisis data perolehan hasil belajar siswa kelas X-1 terhadap penguasaan kosakata bahasa Mandarin dengan menggunakan permainan wordwall memiliki perbedaan yang signifikan dengan kelas kontrol .

Berdasarkan hasil analisis angket respon yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa media permainan Wordwall dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin sangat efektif. Hal ini dibukttikan dengan hasil nilai prosentase pada setiap aspek pada angket respon siswa yaitu pada aspek pemahaman materi diperoleh sebesar 74%, aspek proses pembelajaran diperoleh sebesar 77%, 87% , 77%, 66%.dan pada aspek efektivitas penggunaan media permainan Wordwall diperoleh sebesar 75%, 73 %, 75%, 75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa banyak yang termotivasi dengan penggunaan media permainan Wordwall, dan penguasaan siswa kelas X-1 SMA GIKI 2 Surabaya terhadap kosakata bahasa Mandarin semakin meningkat.

Kata kunci : kefektifan, wordwall, kosa kata

ABSTRACT

In learning a language or a foreign language there are some important that things must be overcame by learns of foreign languages one of which is the vocabulary. Vocabularies is one of important aspect in learning Mandarin. So that, by learning vocabularies can support four language skills: listening, speaking, reading, and writing.

The use of teaching media in a teaching process is very important, especially in Mandarin learning. One of medium can beused is wordwall game. By using this media is expected for mastering mandarin vocabularies to student will increase. This research used experimental research: True experiment (the real experiment) by using pretest-posttest control group design

The population of this research were the first grade students of GIKI 2 Senior High School batch 2015/2016. This research used sampling technique (cluster sampling). X-1 as an experiment group which consist of 36 students. X-6 as a control group which consist of 30 students. Data collection in this research used pretest and posttest and also questionnaire. Data analysis for the students’ learning result used T-test. Observation sheet was analyzed by using percentage scale, meanwhile the questionnaire was analyzed by using Likert scale.

The teacher observation sheets were used to know the teacher activities while Mandarin teaching learning process by using wordwall game. On the first meeting was 95% and 97,5% for the second meeting. The observation result showed that Mandarin teaching learning process to the experiment group was run well.

From the analysis of students’ learning result, t0 +5,45 and db=64, then compare towards table t 5%. By t0=5,45 and db=64, then it can be known that ts 0,05=2,00. It showed that t is bigger than t table. So, data analysis of students’ learning of experiment group to the Mandarin vocabularies mastery by using wordwall was a significant differentiate to the control group.

According to the result of questionnaire, it can be concluded that the use of Wordwall is very effective. it can be proven from the percentage of each aspect from the students’ questionnaire. The percentage of material understanding aspect is 74%, learning process aspect is 77%, 87% , 77%, 66% and for the effectiveness using wordwall game is 75%, 73 %, 75%, 75%. the conclusion that can be taken from this research is most of students are motivated in using Wordwall, and the students’ Mandarin vocabularies of X-1 students of Giki 2 Senior High School are improved.

Keyword : effectiveness, wordwall. vocabularies

 

 

Published
2016-06-28
How to Cite
WARDANI, W. (2016). KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN WORDWALL TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X SMA GIKI 2 SURABAYA. Jurnal Bahasa Mandarin, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/15755
Section
Articles
Abstract Views: 495
PDF Downloads: 422