PENGARUH PENERAPAN MEDIA PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG (TTS) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT BAHASA MANDARIN SISWA KELAS X IPA 2 MAN SIDOARJO TAHUN AJARAN 2015/2016

  • AFRILIA NUR A

Abstract

Menulis merupakan kemampuan penting yang harus dikembangkan dalam keterampilan berbahasa khususnya dalam pembelajaran bahasa Mandarin. Media permainan teka-teki silang digunakan peneliti dalam pembelajaran menulis untuk mempermudah siswa dalam menguasai kosakata dan meningkatkan kemampuan menulis kalimat bahasa Mandarin siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan media permainan teka-teki silang dalam pembelajaran menulis kalimat bahasa Mandarin, mendeskripsikan pengaruh penerapan media permainan teka-teki silang terhadap kemampuan menulis kalimat bahasa Mandarin, dan mengetahui respon siswa kelas X IPA 2 MAN Sidoarjo terhadap penerapan media permainan teka-teki silang dalam pembelajaran menulis kalimat bahasa Mandarin.

Penelitian ini merupakan penelitian True Experimental Design dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah kelas X IPA MAN Sidoarjo, sedangkan sampel penelitian adalah kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 5 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik simple random sampling. Pembelajaran menggunakan media permainan teka-teki silang dilakukan pada kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol diterapkan pengajaran bermedia powerpoint.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis kalimat bahasa Mandarin dengan menggunakan media permainan teka-teki silang berjalan lebih baik daripada menggunakan pengajaran bermedia powerpoint. Selain itu berdasarkan hasil analisis data terjadi peningkatan nilai pada kelas eksperimen (X IPA 2). Hasil uji t0 = 6,51 dan db = 73, diperoleh ts 0,05 = 1,98 menunjukkan t lebih besar dari t tabel (1,98 < 6,51). Hal ini menunjukkan bahwa penerapan media permainan teka-teki silang berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menulis kalimat bahasa Mandarin siswa kelas X IPA 2 MAN Sidoarjo.

Dari hasil analisis angket respon siswa secara keseluruhan berdasarkan aspek pemahaman materi, proses pembelajaran, dan keefektifan penggunaan media permainan teka-teki silang dalam pembelajaran menulis kalimat bahasa Mandarin siswa kelas X IPA 2 diperoleh rata-rata persentase sebesar 88% dan persentase tertinggi berada pada nilai 90,79% yaitu penggunaan media permainan teka-teki silang menciptakan suasana kelas yang aktif dan menyenangkan. Dapat disimpulkan bahwa media permainan teka-teki silang mendapatkan respon positif dari siswa dan dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat bahasa Mandarin.

Writing is an important skill that must be developed in language skill, in particular chinese language learning. Crossword puzzle game as media is used by reseacher in writing learning to make student easier for comprehending chinese vocabulary and increasing the students’ abilites of writing chinese sentense. This research purpose is to describe the implementation of crossword puzzle game as media in the writing chinese sentence learning, to describe the influence by implementing crossword puzzle game as mediaon writing chinese sentence ability, and to describe the responses of students class X IPA 2 MAN Sidoarjo about the implementation of crossword puzzle game as media in the writing chinese sentence learning.

This research was true experimental design research that use descriptive quantitative approachment. The research population was class X IPA MAN Sidoarjo, whereas the research samples were X IPA 2 as experiment class and X IPA 5 as control class. The sample was taken by using simple random sampling technique. Learning by using crossword puzzle game was implemented in experiment class, whereas in the control class was implemented learning by using powerpoint media.

The research result indicated that writing chinese sentence learning by using the crossword puzzle game as media was better than that of learning by using powerpoint media. Additionally, based on data analysis, the value increased on the experiment class (X IPA 2). T-test = 6,51 and db = 73, get ts 0,05 = 1,98 indicated that t was higher than t-table (1,98<6,51). This result indicated that the implementation of crossword puzzle game as media obtained influence significantly toward writing chinese sentence ability of students class X IPA 2 MAN Sidoarjo.

From the analysis result of the whole student response questionnaire based on comprehension lesson aspect, learning process, and the effectiveness of crossword puzzle game as media in the writing chinese sentence learning, students class X IPA 2 got the average percentage 88% and the highest percentage in the 90,79% value, that using crossword puzzle game as media make active and pleasing class. The conclusion was crossword puzzle game as media gave positive response from the students and could increase writing ability of chinese sentence.

Published
2016-07-21
How to Cite
NUR A, A. (2016). PENGARUH PENERAPAN MEDIA PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG (TTS) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT BAHASA MANDARIN SISWA KELAS X IPA 2 MAN SIDOARJO TAHUN AJARAN 2015/2016. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/16044
Section
Articles
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 143