Pengaruh Penggunaan Media Ular Tangga terhadap Penguasaan Kosakata untuk Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin Siswa Kelas XI SMA GIKI 2 Surabaya Tahun Ajaran 2015/2016

  • RIZZA RESTIKA DESPRIANI

Abstract

Abstrak

Pada pembelajaran bahasa Mandarin, penguasaan kosakata merupakan salah satu hal dasar yang penting dan harus dikuasai. Bukan hanya penguasaan kosakata, penggunaan media juga mempengaruhi proses belajar. Media ular tangga merupakan media inovasi yang digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan kosakata untuk menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin. Karena media ini merupakan media permainan yang ringan, sederhana, mendidik, menghibur dan sangat interaktif jika dimainkan bersama-sama dan akan menarik apabila diaplikasikan dalam pembelajaran bahasa Mandarin.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan atau proses, pengaruh, serta respon siswa setelah menggunakan media ular tangga terhadap penguasaan kosakata untuk menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin.

Penelitian ini dilaksanakan di SMA GIKI 2 Surabaya tahun ajaran 2015/2016 selama empatkali pertemuan. Dua kali pada kelas kontrol (dengan metode ceramah) dan dua kali pada kelas eksperimen (dengan media ular tangga).Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan metode kuantitatif yang bersifat deskriptif.

Berdasarkan proses pembelajaran bahasa Mandarin menggunakan media ular tangga diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media ular tangga lebih berhasil dibandingkan dengan pembelajaran langsung dan diperoleh hasil pembelajaran senilai t0= 22,7 dan db= 66, selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel taraf 5%. Dengan hargat0= 22,7 dan db= 66, maka diketahui bahwa harga ts= 0,05 = 1,67 menunjukkan t lebih besar dari t tabel (1,67<22,7) harga t0 signifikan.Dengan demikian, analisis data hasil belajar siswa terbukti bahwa terdapat adanya perbedaan signifikan antara kemampuan penguasaan kosakata untuk menyusun kalimat bahasa mandarin antara kelas yang menggunakan media ular tangga dan yang tidak menggunakan media begitu juga terlihat respon positif dari siswa terhadap media ular tangga.

Kata Kunci:kosakata, media pembelajaran, ular tangga

Abstract

On learning the Chinese language, vocabulary is one of the basic things that are important and must be controlled. Not only the vocabulary, the use of the media also influence the learning process. Media snakes and ladders is a media innovation that is used as a medium of learning to improve the mastery of vocabulary to construct simple sentences Mandarin. Because the media is a media game that is light, simple, educating, entertaining and highly interactive, if played together and it will be interesting if applied in learning Mandarin.

The purpose of this study was to describe the implementation or processes, influences, as well as the response of the students after using the media snake ladder to the vocabulary to construct simple sentences Mandarin.

This research was conducted in SMA GIKI 2 Surabaya during 2015/2016 academic year for four meetings. Twice in control class (the lecture) and twice in the experimental class (with the snake ladder media). This study was an experimental study using quantitative descriptive method.

.

Based on Chinese language learning process using the media snake ladder note that the implementation of learning by using media snake ladder more successful than direct learning and learning outcomes obtained worth t0 = 22.7 and db = 66, then consulted with the table level of 5%. With the price of t0 = 22.7 and db = 66, it is known that the price is ts = 0.05 = 1.67 it is indicates that t is greater than t table (1.67 <22.7) t0 price significantly. Thus, the data analysis of the learning result prove that there is a difference between a class which is use ladder snake as learning media and a class does not use ladder snake as learning media so also seen positive response from the students to the media snake ladder.

Keywords: vocabulary, learning media, snakes and ladders

Published
2016-07-29
How to Cite
RESTIKA DESPRIANI, R. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Ular Tangga terhadap Penguasaan Kosakata untuk Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin Siswa Kelas XI SMA GIKI 2 Surabaya Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Bahasa Mandarin, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/16489
Section
Articles
Abstract Views: 122
PDF Downloads: 130