Pengaruh Penggunaan Media Diorama Kota terhadap Penguasaan Kosakata dan Penyusunan Kalimat Bahasa Mandarin Pada Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 8 Surabaya

  • NINDYA ALFRIDA

Abstract

Abstrak

Kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru, penerapan metode belajar yang tidak bervariasi dan penggunaan alat bantu berupa media pembelajaran yang kurang menjadi penghambat dalam mengoptimalkan penyampaian materi yang diajarkan dan berakibat rendahnya hasil belajar siswa. Hal tersebut membuat siswa merasa kesulitan dalam menguasai materi, terutama kosakata bahasa Mandarin. Penguasaan kosakata perannya sangat penting dalam menyusun kalimat. Oleh karena itu, media diorama kota diharapkan mampu menjadi solusi untuk mengatasi kesulitan yang dialami oleh siswa. Dengan menggunakan media pembelajaran diorama kota, siswa akan lebih mudah menerima penjelasan dari guru karena pelajaran disajikan secara nyata dan konkret.

Penelitian ini memiliki 3 rumusan masalah yaitu, pertama bagaimana proses pembelajaran kosakata dan penyusunan kalimat bahasa Mandarin dengan media diorama kota, yang kedua bagaimana pengaruh penggunaan media diorama kota terhadap penguasaan kosakata dan penyusunan kalimat, dan yang ketiga bagaimana respon siswa terhadap penggunaan media diorama kota dalam pembelajaran penguasaan kosakata dan penyusunan kalimat bahasa Mandarin.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan selama empat kali pertemuan. Dua kali pada kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah dan dua kali pada kelas eksperimen dengan menggunakan media diorama kota. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh harga t0 = 2,8 dan db = 76, maka dapat diketahui bahwa hargats 0,05 = 1,98 menunjukkan t lebih besar dari t table(1,98 < 2,8). Hargat0signifikan. Dengan demikian, dari analisis hasil belajar siswa terbukti bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara kemampuan penguasaan kosakata dan penyusunan kalimat bahasa Mandarin yang menggunakan media diorama kota pada kelas eksperimen dengan yang menggunakan metode ceramah pada kelas kontrol.

Berdasarkan hasil analisis angket respon siswa diketahui bahwa 6 pertanyaan yang ada dalam angket menunjukkan kriteria penilaiaan sangat kuat yaitu 81%-100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media diorama kota dalam pembelajaran bahasa Mandarin sangat efektif. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran dengan menggunakan media diorama kota sangat menarik dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan penguasaan kosakata dan membantu siswa dalam menyusun kalimat bahasa Mandarin.

Kata Kunci: Kosakata, Kalimat, Media Pembelajaran, Diorama

Abstract

Teaching through activities, even nowadays, is still focused on the teacher. The unvary application of learning method and the lack of instructional media are inhibiting the optimization of delivery of the content being taught, which will lead to low student performance. This makes it difficult for the student to master the material, especially the vocabulary of Mandarin. The mastery of vocabulary plays an important part later in constructing sentence. Therefore, city diorama media is expected to be a solution to overcome the difficulties faced by the students. By using learning media city diorama, students can easily understand the teacher’s explanations since the lessons are presented explicitely and concretely.

This research have three problems, first is how implementation of city diorama media toward the mastery of vocabulary and constructing of chinese sentence, second is how implementing city diorama media toward the mastery of vocabulary and constructing of chinese sentence, third is how responses of students about the implementation of city diorama media toward the mastery of vocabulary and constructing of chinese sentence.

This research was an experimental research using quantitative descriptive approach. This study was conducted over four sessions, twice in the control classes using lecture method and twice in class experiments using diorama media. Based on data analysis, get t0 = 2,8 and db = 76, it is known that the value of ts 0,05 = 1,98 which indicates t is greater than t table (1,98 < 2,8). t0 value is significant. Thus, the analysis of students learning outcome indicates that there are significant differences between the ability of mastering vocabulary and constructing of sentence in Mandarin in experiment class using city diorama media than control class using lecture method.

From the analysis result of the whole students response questionnaire based on 6 questions in the questionnaire showed a very strong value which is 81% - 100%. It can be concluded that city diorama media in the learning of Mandarin is very effective. Moreover, learning by using city diorama media is fun based and interesting, which can increase student participation and ensure their mastery of vocabulary and can help them in constructing sentence in Mandarin.

Keywords: Vocabulary, Sentence, Learning Media, Diorama

Published
2016-07-29
How to Cite
ALFRIDA, N. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Diorama Kota terhadap Penguasaan Kosakata dan Penyusunan Kalimat Bahasa Mandarin Pada Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 8 Surabaya. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/16492
Section
Articles
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 92