PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TIGA DIMENSI (3D) DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS X IPA 3 MAN SIDOARJO TAHUN AJARAN 2015/2016

  • SITI UMI FATIMAH

Abstract

Abstrak

Salah satu keistimewaan dalam belajar bahasa asing adalah mengenal kosakata yang berbeda dari kosakata-kosakata yang biasa di ucapkan sehari-hari. Namun hal ini juga bias menjadi sebuah kendala bagi pembelajar khususnya para siswa apabila mereka tidak menguasai kosakata dengan baik. Hambatan ini juga dialami oleh siswa kelas X IPA MAN Sidoarjo dikarenakan pembelajaran yang monoton sehingga siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Oleh karena itu, penggunaan media ular tangga 3D digunakan untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Mandarin siswa kelas X IPA 3 MAN Sidoarjo.

Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah yaitu, pertama bagaimana penggunaan media ular tangga tiga dimensi dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin, yang kedua bagaimana pengaruh penggunaan media ular tangga 3D dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin, yang ketiga bagaimana respon siswa mengenai pengajaran kosakata bahasa Mandarin dengan menggunakan media permainan ular tangga 3D

Penelitian ini merupakan penelitian true experiment design. Populasi penelitian ini adalah kelas X MAN Sidoarjo, sedangkan sampel penelitian adalah kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol. Pembelajaran pada kelas eksperimen dengan menerapkan media permainan ular tangga tiga dimensi, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan media powerpoint.

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh harga t0 = 6,59 dan db=76, maka dapat diketahui bahwa harga ts 0.05 = 1,98 yang menunjukkan t lebih besar daripada t tabel (1,98 < 6,59). Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan media permainan ular tangga 3D memiliki perbedaan signifikan dengan kelas kontrol (X IPA 4) yang menggunakan media powerpoint.

Berdasarkan hasil analisis angket respon siswa diketahui bahwa 3 aspek yang terdapat dalam angket respon secara keseluruhan memperoleh persentase berkisar antara 80%-100% yang termasuk dalam kriteria sangat kuat. Jadi dapat disimpulkan bahwa media permainan ular tangga tiga dimensi (3D) mendapatkan respon positif dari siswa.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Ular Tangga 3D, Kosakata, Kalimat.

Abstract

One of the features in learning foreign language is knowing new different vocabulary than we usually use in daily life. But this condition also will be an obstacle for learners, particulary for the students if they do not mastering the vocabulary well. The obstacle is also experienced by students of class X IPA MAN Sidoarjo. The monotonous lesson makes students have less enthusiasm to follow the lesson process. Because of that, snakes and ladders three dimensional (3D) media is used to increasing mastery of mandarin language vocabolary in student class X IPA 3 MAN Sidoarjo.

The Research have three objections. The first, to know the using of 3D snakes and ladders game media toward mastery Mandarin language vocabulary. Second, to know the influence of the using 3D snakes and ladders game media toward mastery Mandarin language vocabulary . Third, to know the students response about the lesson of Mandarin language with using 3D snakes and ladders game media.

This research is true experiment design. The populationof this reserach is class X MAN Sidoarjo. The research sample is class X IPA 3 as a experimental class and class X IPA 4 as a control class. The lesson in experiment class using snakes and ladders three dimensional game media, while the control class using powerpoint.

Based on data analysis can be obtained price t0 = 6,59 dan db=76, it can be seen that the price ts 0.05 = 1,98 which indicates t0 is greater than t table (1,98 < 6,59). It shows that the lesson results of student class X IPA 3 as the experimental class by applying snakes and ladders 3D game media have significant differences with the control class (X IPA 4) that use powerpoint.

Based on analysis of student questionnaire responses known that three aspects contained in the whole questionnaire responses gain percentage arround 80% -100% which included in the very strong criteria. So it can be concluded that three-dimensional snakes and ladders game media get positive response from students.

Keywords:Learning Media, Three Dimensional Snakes and Ladders, Vocabulary.

Published
2016-08-29
How to Cite
UMI FATIMAH, S. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TIGA DIMENSI (3D) DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS X IPA 3 MAN SIDOARJO TAHUN AJARAN 2015/2016. Jurnal Bahasa Mandarin, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/17102
Section
Articles
Abstract Views: 79
PDF Downloads: 146