KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE RESITASI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS HANZI SISWA KELAS XI AK 5 SMK NEGERI 1 MOJOAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

  • HAMRIK SUTAMA

Abstract

Keterampilan menulis sebagai salah satu unsur bahasa yang sangat penting untuk menunjang keterampilan berbahasa. Keterampilan menulis yang dapat memperlancar proses komunikasi dan pemahaman siswa dalam menerima materi yang diberikan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Mandarin khususnya dalam pembelajaran menulis Hanzi. Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi kesulitan dalam keterampilan menulis Hanzi pada siswa kelas XI AK 5 SMK Negeri 1 Mojoagung. Pada saat peneliti mengikuti Program Pengolahan Pembelajaran (PPP) atau magang di SMKN 1 Mojoagung, peneliti menemukan bahwa saat pembelajaran bahasa Mandarin di kelas, pengajar kurang memperhatikan metode pembelajaran yang dipakai. Hal ini dikarenakan penyebab utamanya adalah penerapan metode yang kurang tepat sehingga kurang diperhatikan atau minimnya proses pengajaran. Sehingga para siswa kurang memperhatikan pembelajaran dan siswa sering gaduh. Dalam penelitian ini, peneliti menawarkan solusi dengan menggunakan metode resitasi sebagai bentuk untuk memperbaiki metode pembelajaran yang sebelumnya. Karena metode resitasi bertujuan untuk membuat hasil belajar siswa menjadi lebih baik dengan latihan-latihan tugas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh metode resitasi terhadap keterampilan menulis Hanzi dalam pembelajaran bahasa Mandarin serta mendeskripsikan respon siswa terhadap keterampilan menulis Hanzi dalam pembelajaran bahasa Mandarin.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis rancangan penelitian true experimental design atau eksperimen murni. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Mojoagung tahun ajaran 2015/2016 dengan sampel kelas XI AK 4 sebagai kelas kontrol dan kelas XI AK 5 sebagai kelas eksperimen.

Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh perhitungan perbedaan hasil yakni t0= 6,83 dan db= 75, selanjutnya dikonsultasikan dengan melihat nilai tabel taraf 5%, maka diketahui bahwa harga ts= 0,05 = 1,99 menunjukkan t lebih besar dari t tabel (1,99<6,83). Harga t0 signifikan, menunjukkan adanya perbedaan antara nilai hasil tes kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode resitasi mempunyai pengaruh positif terhadap keterampilan menulis Hanzi terhadap siswa kelas eksperimen yakni kelas XI AK 5 SMK Negeri 1 Mojoagung.

Berdasarkan hasil analisis angket respon siswa diketahui bahwa penggunaan metode resitasi sangat efektif dalam pembelajaran bahasa Mandarin khususnya keterampilan menulis Hanzi. Sebanyak 43,57% siswa mengatakan pemahaman materi sangat kesulitan dalam menghafal urutan dan goresan huruf Hanzi, sebanyak 43,57% siswa mengatakan pemahaman materi sangat kesulitan dalam penulisan huruf Hanzi, sebanyak 61,54% siswa mengatakan proses pembelajaran menggunakan metode resitasi sangat membantu untuk mempelajari penulisan huruf Hanzi, sebanyak 74,36% siswa mengatakan proses pembelajaran menggunakan metode resitasi sangatlah membantu untuk menyelesaikan tugas/tes dari guru secara individu maupun kelompok, dan sebanyak 74,36% siswa mengatakan penggunaan metode resitasi sangatlah efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis Hanzi.

Writing skills as an element of the language that is very important to support language skills. As much as writing skills it will expedite the process of communication and understanding of student in receiving the material given by the teacher, especially in write Hanzi learning. This research was done to overcome the difficulties in writing skills Hanzi in class XI AK 5 SMKN 1 Mojoagung. When the researcher followed the Learning Management Program (PPP) in SMKN 1 Mojoagung, the researcher found that when learning Chinese Language in class, the teacher pay less attention to learning methot that used. This is because the main causes of poor application of the method so that less attention or lack of processing classes. So students pay less attention to learning and students often make rowdy class. The purpose of this study was to describe influence method of recitation to writing skill Hanzi in learning Chinese Language.

This research is a quantitative research using a type of research design true experimental design. The population in this research were the students of SMKN 1 Mojoagung in the academic year 2015/2016 with a sample class XI AK 4 as control class and the class XI AK 5 as the experimental class.

Based on the results of data analysist has been carried out the results obtained by calculating the difference, is t0= 6,83 and db= 75, then consulted with the saw table value level of 5%, it is knows that the price ts= 0,05 = 1,99 showed more t greather that t table (1,99<6,83). The value t0 a significant, showed a difference between the value of the test results and experimental control class. This shows that by using method of recitation has a positive influence on the writing skills Hanzi to the experimental class students of class XI AK 5 SMKN 1 Mojoagung.

Based on analysis of student questionnaire responses that the using of method of recitation very effective in learning the Chinese Language, especially regarding vocabulary. 43, 57 % of students said that the material comprehension in memorize thread and scratch Hanzi is very difficult, as much as 43, 57 % of students said that material comprehension in Hanzi writing is very difficult, as many as 61, 54% of students said that learning process use method of recitation to learn Hanzi writing very helpful, as much as 74,36% of students said that learning process use method of recitation to finish task or test from teacher in individual or group is very helpful, and 74, 36% of students said that use method of recitation in writing skills Hanzi learning is very effective.

Published
2016-12-21
How to Cite
SUTAMA, H. (2016). KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE RESITASI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS HANZI SISWA KELAS XI AK 5 SMK NEGERI 1 MOJOAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/17740
Section
Articles
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 76