“Konflik Batin Tokoh Utama方世杰 Fāng Shì Jié dalam Film Kungfu Dunk《功夫灌篮》Karya朱延平Zhū Yán Píng (Kajian Psikoanalisis Sigmund Freud)”

  • NAGOYA RUT PRIHAR O

Abstract

Abstrak

Film merupakan bagian dari karya sastra naratif yang di dalamnya terkandung unsur-unsur interinsik yang dimiliki oleh drama. Setiap manusia pada dasarnya mempunyai karakter sendiri-sendiri, dari karakter-karakter tersebut memicu terjadinya suatu interaksi yang tak jarang dapat menimbulkan persinggungan atau konflik. Konflik tersebut juga dapat terjadi dalam diri seseorang akibat dari adanya ketegangan yang terjadi, yang sering disebut sebagai konflik batin.

Film Kungfu Dunk «功夫灌篮» karya 朱延平 ZhūYánPíng menggambarkan tokoh utama方世杰 Fāng Shì Jié yang mengalami konflik batin, serta penyelesaian konflik batin tersebut. Penelitian ini mempunyai rumusan masalah (1) bagaimana bentuk-bentuk konflik batin tokoh utama 方世杰Fāng Shì Jié dalam Film Kungfu Dunk «功夫灌蓝» karya 朱延平Zhū Yán Píng; (2) Bagaimana penyelesaian tokoh utama 方世杰Fāng Shì Jié menghadapi konflik batin dalam Film Kungfu Dunk «功夫灌蓝» karya 朱延平Zhū Yán Píng.

Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak dan catat. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa kutipan monolog, dialog, dan narasi yang menggambarkan adanya konflik batin dan cara penyelesaian konflik batin tersebut.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tokoh utama utama 方世杰Fāng Shì Jié dalam Film Kungfu Dunk «功夫灌蓝» karya 朱延平Zhū Yán Píng mengalami tiga jenis konflik batin seperti pada kajian psikoanalisis Sigmund Freud yang tertuang dalam teori struktur kepribadian, yaitu: Id (The id/Das Es/本我 běn wǒ), Ego (The Ego/Das Ich/自我 zìwǒ), Super Ego (The Super Ego/Das Ueber Ich/超我chāo wǒ). Selanjutnya, terdapat 8 cara penyelesaian konflik batin yang dilakukan oleh方世杰Fāng Shì Jié, yaitu: 压抑Yāyì (Represi/Repression), 否认Fǒurèn (Penyangkalan/Denial), 退行Tuìxíng (Regresi/Regression), 幻想Huànxiǎng (Fantasi/Fantasy),合理化Hélǐhuà (Rasionalisme/ Rationalization), 投射Tóushè (Proyeksi/ Projection), 反向Fǎn xiàng (Reaksi Formasi/Reaction Formation), dan 升华Shēnghuá (Sublimasi/ Sublimation).

Kata Kunci: konflik, konflik batin, Psikoanalisis Sigmund Freud.

Abstract

Film is part of the narrative literary work in which there are elements of intrinsic owned by drama. Every human being basically has its own character, from that things triggers an interaction which often can cause the intersection or conflict. The conflict can also occur in a person as a result of the tension, which is often referred to as the inner conflict.

As in the movie Kungfu Dunk «功夫灌篮» directed by 朱延平 ZhūYánPíng. The film depicts the main character 方世杰 Fāng Shì Jié experiencing inner conflict, as well as the inner conflict settlement. This research has the following formulation of the problem, among others: (1) how the forms of the inner conflict of the main character方世杰 Fāng Shì Jié in Movie Kungfu Dunk «功夫灌篮» directed by 朱延平 ZhūYánPíng; (2) How is the ways of the main character方世杰 Fāng Shì Jié to solve the inner conflict in Movie Kungfu Dunk «功夫灌篮» directed by 朱延平 ZhūYánPíng.

The method used in this research is descriptive qualitative method by using a psychological approach to literature. Data collection techniques in this study using the technique see and record. The data obtained in this study in the form of a monologue, dialogue, and narration that describes the inner conflict and how this inner conflict settlement.

The results of this study indicate that the main character方世杰 Fāng Shì Jié in Movie Kungfu Dunk «功夫灌篮» directed by 朱延平 ZhūYánPíng, experiencing three types of inner conflict as the study of psychoanalysis Sigmund Freud set out in the theory of personality structure, namely: Id (The id / Das Es / 本我běn wǒ), Ego (The Ego / Das Ich / 自我 zìwǒ), Super Ego (The Super Ego / Ueber Das Ich / 超我chāo wǒ). Only 8 ways of solving inner conflicts conducted by方世杰 Fāng Shì Jié, that is 压抑Yāyì (Represi/Repression), 否认Fǒurèn (Penyangkalan/Denial), 退行Tuìxíng (Regresi/Regression), 幻想Huànxiǎng (Fantasi/Fantasy),合理化Hélǐhuà (Rasionalisme/ Rationalization), 投射Tóushè (Proyeksi/ Projection), 反向Fǎn xiàng (Reaksi Formasi/Reaction Formation), dan 升华Shēnghuá (Sublimasi/ Sublimation).

Keywords: conflict, inner conflict, Psychoanalysis Sigmund Freud

Published
2016-12-22
How to Cite
RUT PRIHAR O, N. (2016). “Konflik Batin Tokoh Utama方世杰 Fāng Shì Jié dalam Film Kungfu Dunk《功夫灌篮》Karya朱延平Zhū Yán Píng (Kajian Psikoanalisis Sigmund Freud)”. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/17767
Section
Articles
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 43