KESALAHAN KALIMAT PERBANDINGAN “比”字句 “bǐ” zìjǔ MAHASISWA ANGKATAN 2014 PRODI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • WAHIDATURRAHMAH SURIANSYAH

Abstract

Abstrak

Bahasa adalah setiap bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap yang mengandung makna didalamnya. Bahasa juga mempunyai arti penyampaian informasi dan komunikasi. Kemampuan berbahasa memungkinkan suatu bangsa dapat mengembangkan sosial budaya di berbagai bidang, misalnya pendidikan, religi, perdagangan dan sebagainya. Pembelajar yang sedang mempelajari bahasa Mandarin sering menghadapi berbagai kesulitan sehingga dapat menimbulkan berbagai kesalahan penggunaan bahasa yang dipelajarinya, salah satunya adalah dalam penyusunan kalimat perbandingan 字句 “bǐ” zìjù.

Penelitian ini menganalisis jenis kesalahan dan penyebab kesalahan kalimat perbandingan 字句“bǐ” zìjù yang dilakukan oleh mahasiswa angkatan 2014 Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Surabaya. Penelitian kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan dua teknik pengumpulan data, yaitu tes tulis mengenai kalimat perbandingan字句“bǐ” zìjù dan pengisian angket (kuesioner) mengenai kesulitan menguasai kalimat perbandingan字句“bǐ” zìjù.

Hasil penelitian menunjukkan jenis kesalahan kalimat perbandingan “字句“bǐ” zìjǔ yang dilakukan oleh mahasiswa angkatan 2014 Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Surabaya berdasarkan taksonomi siasat permukaan, yaitu kesalahan penambahan sebanyak 10,8%, kesalahan penghilangan sebanyak 7.2%, kesalahan salah formasi sebanyak 5,8%, dan kesalahan salah susun sebanyak 76%. Kesalahan tersebut disebabkan oleh kurangnya pemahaman struktur gramatika kalimat perbandingan "字句“bǐ” zìjǔ, kurangnya penjelasan dari pengajar mengenai materi gramatika kalimat perbandingan "字句“bǐ” zìjǔ, kurangnya latihan soal dan frekuensi penggunaan kalimat perbandingan "字句“bǐ” zìjǔ dalam kegiatan sehari-hari, kurangnya perbendaharaan kosakata dan metode pengajaran yang dianggap terlalu cepat, kurang maksimalnya penyerapan materi yang diberikan oleh dosen native speaker, karena langsung menggunakan bahasa Mandarin sehingga mahasiswa kurang memahami maksud dari materi yang dijelaskan oleh pengajar tersebut, mahasiswa juga masih terpengaruh oleh tata bahasa B1 sehingga terjadi interferensi bahasa dari B1 ke B2, serta karena kurang telitinya mahasiswa pada saat pengerjaan soal, juga menyebabkan kesalahan penghilangan dan penambahan dalam penyusunan kalimat perbandingan “字句“bǐ” zìjǔ.

Kata Kunci: Kesalahan Berbahasa, Kalimat Perbandingan, 字句

Abstract

Language is every sound which is produced by the speaking tool conveying meanings. Language also means delivering information and communication. The linguistic ability allows a nation to develop the social and cultural aspects in various fields, e.g. education, religion, trade, etc. The learners of Chinese language often deal with various difficulties which lead them to produce mistakes while using the language, such as the mistakes in using the comparison sentence “字句“bǐ” zìjǔ. This study analyzes the types and causes of the mistakes emerged in the use of the comparison sentence “字句“bǐ” zìjǔ made by the students of 2014 majoring Chinese Language Education at State University of Surabaya. This study used descriptive qualitative method with two data collection techniques: written tests in terms of the comparison sentence “字句“bǐ” zìjǔ and questionnaires related to the difficulties faced when mastering the comparison sentence “字句“bǐ” zìjǔ.

The result showed that the types of mistakes emerged when producing the comparison sentence “字句“bǐ” zìjǔ made by the students of 2014 majoring Chinese Language Education at State University of Surabaya based on finesse taxonomy are 10.8% mistakes in addition, 7.2% mistakes in reduction, 5.8% mistakes in formation, 76% mistakes in composition. Those mistakes were caused by the lack of grammatical understanding in terms of the comparison sentence “字句“bǐ” zìjǔ, the lack of explanation from the teacher related to the grammatical material of the comparison sentence “字句“bǐ” zìjǔ, the lack of practice and frequency in using the comparison sentence “字句“bǐ” zìjǔ on a regular basis, the lack of vocabulary and teaching method which was considered too fast, the less maximum absorption of the material given by the native speaker lecturers because they directly used Chinese and it made the students have less understanding of the delivered material, the influence of the students’ L1 so that the interventions of the students’ L1 and L2 appeared, the inaccuracy that the students made when answering the questions also obtains the mistakes of reduction and additionwhen composing the comparison sentence “字句“bǐ” zìjǔ.

Key Words: Linguistic Mistakes, Comparison Sentence, “字句

Published
2017-01-04
How to Cite
SURIANSYAH, W. (2017). KESALAHAN KALIMAT PERBANDINGAN “比”字句 “bǐ” zìjǔ MAHASISWA ANGKATAN 2014 PRODI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Jurnal Bahasa Mandarin, 2(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/18019
Section
Articles
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 436