PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN RODA KEBERUNTUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS HANZI PADA SISWA KELAS XI BAHASA SMA NEGERI 1 CERME TAHUN AJARAN 2016/2017

  • DWI WAHYUNI

Abstract

Abstrak

Menulis Hanzi merupakan salah satu keterampilan dalam bahasa Mandarin dengan menggoreskan beberapa guratan. Menulis Hanzi merupakan aspek yang cukup sulit dalam mempelajari bahasa Mandarin, karena penulisan Hanzi harus sesuai dengan aturan urutan penulisan yang benar. Pembelajaran yang monoton akan membuat siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Oleh karena itu, penggunaan media permainan roda keberuntungan digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis Hanzi siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Cerme Tahun Ajaran 2016 / 2017.

Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah yaitu, 1) bagaimana penerapan media permainan roda keberuntungan terhadap kemampuan menulis Hanzi, 2) bagaimana pengaruh penggunaan media permainan roda keberuntungan terhadap kemampuan menulis Hanzi, 3) bagaimana respon siswa mengenai pembelajaran menulis Hanzi dengan menggunakan media permainan roda keberuntungan.

Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan bentuk one group pre-test post-test design, yaitu dengan menggunakan satu kelas saja sebagai subjek penelitian. Dalam penelitian ini terdapat tiga data yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa, data pre-test dan post-test serta angket respon siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 1 Cerme, sedangkan sampel penelitian adalah kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Cerme.

Berdasarkan hasil analisis data, penelitian ini telah menjawab ketiga rumusan masalah sebagai berikut:1) hasil observasi berdasarkan perhitungan skor skala Likert menunjukkan kategori sangat baik pada aktivitas guru pertemuan pertama dengan skor 81,58%, dan pada aktivitas guru pertemuan kedua dengan skor 89,47%. Lembar observasi aktivitas siswa menunjukkan kategori sangat baik pada pertemuan pertama dengan skor 83,33%, dan pertemuan kedua dengan skor 91,67%. 2) Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan t-signifikasi diperoleh 19,35 > t (0,05,db) = t (0,05;19) = 0,95. Nilai tersebut lebih besar daripada nilai tabel, menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara nilai Mpr dan Mpos. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media permainan roda keberuntungan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan menulis Hanzi pada siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Cerme. 3) Berdasarkan hasil analisis angket respon siswa diketahui bahwa 5 aspek yang terdapat dalam angket respon secara keseluruhan memperoleh persentase berkisar antara 80%-100%. Jadi dapat disimpulkan bahwa media permainan roda keberuntungan mendapatkan respon positif dari siswa.

Kata Kunci :Media Pembelajaran, Permainan Roda Keberuntungan, Hanzi

Abstract

Hanzi Writing is one of those skills in Mandarin by scraping a few strokes. Hanzi writing is an aspect that is quite difficult to learn Mandarin because in writing Hanzi must conform to the rules of correct writing sequence. Monotoun teaching will make students less enthusiastic in teaching learning process. Because of that, wheel of luck games is used to increasing the Hanzi writing skill of the language eleven graders of SMA Negeri 1 Cerme study years 2016 / 2017.

The Research have three objections: 1) to know the using of wheel of luck games on the Hanzi writing skill. 2) to know the influence of the using wheel of luck games on the Hanzi writing skill. 3) to know the students response about the lesson writing Hanzi with using wheel of luck games.

This study was a pre-experimental research with a one group pre-test post-test design, which use only one class as the subject of the study. The research have three data which were teacher and student activity observation, pre-test and post-test data and questionnaire responses. The population of this research is class XI SMA Negeri 1 Cerme. The research sample is language eleven graders of SMA Negeri 1 Cerme.

Based on the results of data analysis, this research has answered the third formulation of the problem as follows: 1) the observation sheet based on Liker’s scale score analysis shows “very good” category in the first meeting teacher activity with score 81.58%, and the second meeting teacher activity with score 89.47%. The observation students activity shows “very good” category in the first meeting with score 83.33%, and the second meeting students activity with score 91.67%. 2) Based on the calculation using t-signifikasi, it was found 19.35> t (0.05, db) = t (0.05; 19) = 0.95. the value was higher than the value on table, it shows that there is a significant difference between the pre-test score mean and the post-test mean score. As the result, it can be concluded that wheel of luck games had a significant effect on the improvement of Hanzi writing of the language eleven graders of SMA Negeri 1 Cerme. 3) Based on the analysis of student questionnaire responses known that five aspects contained in the whole questionnaire responses gain percentage around 80%-100% wich included in the very strong criteria. So it can be concluded that wheel of luck games media get positive response from students.

Keywords : Learning Media, Wheel of Luck Games, Hanzi

Published
2017-01-05
How to Cite
WAHYUNI, D. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN RODA KEBERUNTUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS HANZI PADA SISWA KELAS XI BAHASA SMA NEGERI 1 CERME TAHUN AJARAN 2016/2017. Jurnal Bahasa Mandarin, 2(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/18047
Section
Articles
Abstract Views: 74
PDF Downloads: 165