PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ANIMASI FUN CHINESE AREAUNTUK PEMBELAJARAN KOSAKATA DAN MENYUSUN KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN BAGI SISWA KELAS XI BAHASA SMA NEGERI 3 LAMONGAN TAHUN AJARAN 2016/2017

  • ERYTHRINA ANNISA RAHMA

Abstract

Abstrak

Kosakata merupakan salah satu unsur gramatikal kebahasaan yang sangat penting untuk proses berkomunikasi. Dalam pembelajaran Bahasa Mandarin yang merupakan bahasa asing dan bahasa yang sulit. Diperlukan keterampilan khusus untuk pengajaran langsung yang menarik di dalam kelas. Untuk itu, diperlukan penguasaan kosakata dan menyusun kalimat sederhana maupun stimulus untuk menarik keinginan belajar siswa. Stimulus ini merupakan pemanfaatan media pembelajaran yang kreatif dan sesuai dengan perkembangan teknologi. Pengunaan media dalam pembelajaran ini dipilih yang sesuai dengan lingkungan dan kondisi siswa. Media permainan animasi fun chinese area selama ini dianggap memiliki kualitas dalam pembelajaran, sehingga media tersebut sering digunakan siswa dianggap memiliki kualitas dalam pembelajaran penguasaan kosakata dan menyusun kalimat sederhana bahasa mandarin.

Media fun Chinese area merupakan sebuah media yang berupa permainan software animasi. Media permainan animasi fun Chinese area menyajikan tulisan dan animasi tentang penguasaan kosakata dan menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin.

Penelitian ini merupakan penelitian research and development dengan menggunakan metode kuantitatif bersifat deskriptif. Penelitian berlangsung selama 2 kali pertemuan (dengan menggunakan media). Jenis data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa hasil validasi media permainan animasi fun Chinese area oleh validator media 86,66% (sangat baik) dan ahli materi 91,5% (sangat baik). Kepraktisan media animasi fun Chinese area diperoleh persentase sebesar 97% (sangat baik sekali). Sedangkan keefektifan media berdasarkan hasil uji t-signifikasi dengan db=17 dan taraf signifikasi 5% maka diperoleh ttabel=0,85 dan thitung =16,2. Sesuai dengan hasil tscore dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai ts<to yaitu 0,85<16,2. Suatu media dikatakan layak digunakan apabila memenuhi kriteria penilaian terhadap hasil kualitas media. Berdasarkan hasil data yang diperoleh, pengembangan media fun Chinese area telah memenuhi kriteria penilaian pada ketiga aspek. Hasil proses pembelajaran ini dapat dianalisis dengan menunjukkan hasil yang signifikan.

Kata Kunci : Media fun Chinese area, Penguasaan Kosakata, Menyusun kalimat sederhana

Abstract

Vocabulary is one of the grammatical elements of language that is critical to the process of communicating. In learning Mandarin which is a foreign language and a difficult language. Specific skills required for direct teaching attractive in the classroom. To that end, the necessary vocabulary and construct simple sentences and stimulus to attract student interest. This stimulus is a creative use of instructional media and in accordance with technological developments. The use of media in learning have been appropriate to the environment and conditions of the students. Chinese fun animation game media area is considered to have the quality of learning, so that the media is often used by students are considered to have the quality in learning vocabulary and construct simple sentences mandarin.

Media fun Chinese media area is a form of the game animation software. Chinese animation game media fun writing and animation area serving about vocabulary and construct simple sentences Mandarin.This study is a research and development using quantitative descriptive method. The study lasted for 2 meetings (using the media). The results of this learning process can be analyzed to show satisfactory results.

The type of data that is obtained in the form of qualitative and quantitative data. Based on the analysis concluded that the results validate fun Chinese animation game media validator media area by 86.66% (excellent) and a subject matter expert 91.5% (excellent). Chinese media practicality animated fun area obtained by percentage of 97% (very well). While the effectiveness of media based on the t-test of significance with db = 17 and a significance level of 5% of the obtained table = 0.85 and t = 16.2. In accordance with the results of tscore can be seen that there is an increase in student learning outcomes with value ts <toyaitu 0.85 <16.2. A media is feasible to use if they meet criteria for assessment of the quality of the results of the media. Based on data obtained, the development of Chinese media fun area fulfill criteria on all three aspects.

Keywords: Media fun Chinese area, mastery of vocabulary, simple sentences Develop

Published
2017-01-09
How to Cite
ANNISA RAHMA, E. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ANIMASI FUN CHINESE AREAUNTUK PEMBELAJARAN KOSAKATA DAN MENYUSUN KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN BAGI SISWA KELAS XI BAHASA SMA NEGERI 3 LAMONGAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 2(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/18122
Section
Articles
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 21