PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LAGU TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS VII D SMP SEPULUH NOPEMBER SIDOARJO TAHUN AJARAN 2015-2016

Authors

  • IMROATUS SHOLIKHAH

Abstract

Abstrak

Dalam proses pembelajaran bahasa Mandarin di SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo, siswa kelas VII C dan VII D mengalami kesulitan dalam menghafal kosakata bahasa Mandarin. Oleh karena itu guru perlu menggunakan media pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan kosakata bahasa Mandarin pada siswa. Penelitian ini berawal dari latar belakang permasalahan apakah penggunaan media lagu mampu meningkatkan penguasaan kosakata dan prestasi siswa dalam pembelajaran bahasa Mandarin di SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat keberhasilan kegiatan belajar mengajar bahasa Mandarin dengan menggunakan media lagu. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan proses, pengaruh, serta respon siswa mengenai media lagu terhadap penguasaan kosakata bahasa Mandarin.

Dalam penggunaan atau pemilihan media lagu, guru harus mengetahui kebutuhan atau keterampilan awal siswa. Penggunaan media lagu merupakan media alternatif yang dapat digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran, salah satunya dalam penguasaan kosakata. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Penelitian ini berlangsung selama empat kali pertemuan. Dua kali pada kelas kontrol (dengan menggunakan model pembelajaran konvensional) dan dua kali pada kelas eksperimen (dengan menggunakan media lagu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII D sebagai kelas eksperimen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran kosakata bahasa Mandarin dengan menggunakan media lagu berjalan lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran konvensional. Selain itu berdasarkan hasil analisis data terjadi peningkatan nilai pada kelas eksperimen (VII D). Hasil uji t0 = 2,13 dan db = 76, diperoleh ts 0,05 = 1,98 menunjukkan t lebih besar dari ttabel (1,98 < 2,13). Hal ini menunjukkan bahwa penerapan media lagu berpengaruh secara signifikan terhadap penguasaan kosakata bahasa Mandarin siswa kelas VII D SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo. Berdasarkan hasil analisis angket, media lagu mendapatkan respon positif dari siswa yang menyatakan “Sangat” sebanyak 18% dan “Ya” sebanyak 77%, sedangkan jawaban “Tidak” hanya 5% pada kelas eksperimen yaitu VII D SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo.

Siswa sangat termotivasi, senang, tenang, dan tidak merasa bosan dalam proses pembelajaran bahasa Mandarin. Jadi, kemampuan penguasaan kosakata yang dicapai dengan menggunakan media lagu dalam pembelajaran bahasa Mandarin lebih baik bila dibandingkan dengan tanpa menggunakan media lagu dalam pembelajaran bahasa Mandarin. dengan demikian, dapat dikatakan bahwa penggunaan media lagu dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa dalam pembelajaran bahasa Mandarin.

Kata Kunci: Penguasaan kosakata, media lagu

Abstract

During Chinese learning process in Sepuluh Nopember Junior High School of Sidoarjo, students of class VII-C and VII-D have difficulty in memorizing Chinese vocabulary. Therefore, teachers need to use appropriate learning media in teaching Chinese vocabulary. This study started from a background that is whether the use of songs as a media is able to enhance students’ achievement and mastery of Chinese vocabulary in Sepuluh Nopember Junior High School Of Sidoarjo. This study was conducted to figure out the effect of song as a media upon the success of Chinese teaching-learning activities. Based on the background, this study was conducted to describe students’ process, influence, and response towards songs as a media to master Chinese vocabulary.

Dealing with the use or selection of songs as a media, the teachers should recognize students’ needs or skills. The use of songs is an option that can be used to support Chinese learning process, especially mastery of Chinese vocabulary. This study is a quantitative research using an experimental research method. The study was conducted during four class meetings consisting of two meetings in the control class (using conventional learning method) and two meetings in the experimental class (using songs as a teaching-learning media). The population in the study was students of class VII in Sepuluh Nopember Junior High School of Sidoarjo. The samples were students of class VII-C as the control class and of class VII D as the experimental class.

The results showed that the process of learning Chinese language vocabulary by using the media songs running better than using conventional learning models. Also based on the result of data analysis increased the value of the experimental class (VII D). The test result t0 = 2,13 and db = 76, obtained ts t 0,05 = 1,98 indicates greater than ttable (1,98 < 2,13). This shows that the implementation of the song media significantly influence the vocabulary of Mandarin class VII D SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo. Based on the results of questionnaire analysis, song media get a positive response from the students. In the experimental class, 18% of the students said "very much", 77% of the students said "yes", and only 5% of the students said "no."

The students were highly motivated, happy, calm, and did not feel bored during Chinese teaching- learning process. Therefore, students using songs as a Chinese teaching-learning media have better ability and achievement in mastering Chinese vocabulary compared with those taught without the use of song media. It can be concluded that the use of songs as a Chinese teaching-learning media can improve students'' mastery of Chinese vocabulary.

Keywords: Mastery of vocabulary, song media

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-01-10

How to Cite

SHOLIKHAH, I. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LAGU TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS VII D SMP SEPULUH NOPEMBER SIDOARJO TAHUN AJARAN 2015-2016. Jurnal Bahasa Mandarin, 1(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/18177

Issue

Section

Articles
Abstract views: 277 , PDF Downloads: 181