PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN KARTU UNO TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS XI BAHASA SMA NEGERI 3 LAMONGAN TAHUN AJARAN 2016/2017

  • RUDI HARTONO

Abstract

 

Saat ini kebutuhan untuk belajar bahasa Mandarin sebagai bahasa asing sudah meningkat. Seperti halnya di SMA Negeri 3 Lamongan, bahasa Mandarin di sekolah tersebut menjadi mata pelajaran lintas minat bagi siswa kelas X, XI, dan XII Jurusan Bahasa. Namun, dalam proses pembelajaran siswa mengalami kesulitan dalam penguasaan kosakata bahasa Mandarin dikarenakan pembelajaran yang monoton dan tanpa adanya media pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti menerapkan media permainan kartu UNO.

Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah yaitu, 1) bagaimana pembelajaran kosakata bahasa Mandarin menggunakan media kartu UNO pada siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 3 Lamongan tahun ajaran 2016/2017; 2) bagaimana pengaruh penggunaan kartu UNO terhadap penguasaan kosakata bahasa Mandarin pada siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 3 Lamongan tahun ajaran 2016/2017; 3)bagaimana respon siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 3 Lamongan tahun ajaran 2016/2017 terhadap pembelajaran kosakata bahasa Mandarin menggunakan kartu UNO.

Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI Jurusan Bahasa SMA Negeri 3 Lamongan yang berjumlah 18 siswa, sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas XI Bahasa SMA Negeri 3 Lamongan. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan media permainan kartu UNO pada kelas XI Bahasa.

1) Observasi aktivitas guru dan siswa dari awal hingga akhir berjalan dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil observasi aktivitasguru dengan presentase sebesar 92%, dan observasi aktivitas siswa dengan presentase 91%. Presentase tersebut dalam skala likert termasuk ke dalam kriteria sangat baik; 2) Hasil pretest dan posttest kelas eksperimen dilakukandengan uji normalitas. Dari hasil keefektifan pembelajaran kelas eksperimen dengan uji t-signifkasi dapat ditarik kesimpulan bahwa bahwa t = 8.32 dan rata-rata dari pretest dan posttest adalah 27.33.db = (jumlah subjek – 1 ) = 18-1 = 17. Diperoleh batas penerimaan t (5%.17). Karena t = 8.32> t (5%.17) = 0.85. Maka H0ditolak dan H1 diterima, t-signifikasi berarti penggunaan media permainan kartu UNOterbukti efektif dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin; 3) Analisis data angket respon siswa dilakukan guna mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran kosakata bahasa Mandarin menggunakan kartu UNO. Stelah dilakukan perhitungan dari hasil angket respon siswa secara keseluruhan didapatkan presentase sebesar 84%. Dalam skala presentase tersebut tergolong dalam kriteria yang sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media permainan kartu UNO layak diterapkan dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin dan terbukti ektivitasanya.

Kata Kunci : media pembelajaran, kartu UNO, penguasaan kosakata.

ABSTRACT

The needed to learn Mandarin as a foreign language has been greatly improved. In addition, Many schools choose Mandarin as a foreign language beside English. As in SMA Negeri 3 Lamongan, Mandarin become one of the cross-interest subjects for students of classes X, XI, and XII in Language major. But in the learning process, mostly students experiencing difficulties in vocabulary learning of Mandarin because it has a monotonous way and without media learning. Therefore, researchers applied media card game, UNO.

This study has three statements of problems, 1) how to use UNO card as the media to learn Mandarin vocabulary to the Students of class XI SMA Negeri 3 Lamongan Language, year 2016/2017, 2) how the influence of using UNO cards to Mandarin vocabulary in class XI SMA Language SMA Negeri 3 Lamongan 2016/2017 school year, 3) how the class responses about the usage of UNO cards as a media to learn Mandarin vocabulary in XI grade of SMAN 3 Lamongan Language, year 2016/2017.

This study is a pre-experimental design. The population in this study is a student in XI language major class of SMA Negeri 3 Lamongan, while samples from this study is XI language major class of SMA Negeri 3 Lamongan. This research was conducted by applying media card game UNO in XI Languages class. Among the treatments are pretest and posttest, the last is the provision of student questionnaire responses.

1) Observation activities of teachers and students from the beginning to the end is going well. This is evidenced by the results of teacher activity observation with a percentage of 92%, and student activity observation with a percentage of 91%. The percentage of the Likert scale included into the criteria very well.2) the results of pretest and posttest experimental class, the next step is doing a normality test. This normality test was conducted to test the effectiveness of learning Mandarin vocabulary using a media card game UNO. From the results of the experimental class learning effectiveness by t-signifkasi, it can be deduced that t = 8.32, and the average of the pretest and posttest is 27.33.db = (number of subjects - 1) = 18-1 = 17. Retrieved acceptance limit t (5%.17). Because t = 8.32> t (5%.17) = 0.85. then H0 and H1 is accepted, then the t-signification means the usage of media, which is the card game UNO proved effectively in learning Mandarin vocabulary. 3) The data analysis student questionnaire response was conducted to determine the students responses to learn Mandarin vocabulary using UNO cards. Overall, after the calculation of result, student questionnaire responses obtained a percentage about 84%. In percentage scale, it classified as a good criteria. It can be concluded that the media card game UNO feasible in learning Mandarin vocabulary and effectively proved.

Keywords : learning media, UNO cards, mastery of vocabulary.

Published
2017-01-16
How to Cite
HARTONO, R. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN KARTU UNO TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS XI BAHASA SMA NEGERI 3 LAMONGAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Jurnal Bahasa Mandarin, 2(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/18346
Section
Articles
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 27