Pengembangan Media Permainan Berburu Kata untuk Pembelajaran Kosakata Bahasa Mandarin pada Siswa Kelas XII MIA SMA Negeri 8 Surabaya Tahun Ajaran 2016/ 2017

  • MELATI EKA SAFITRI

Abstract

Media pembelajaran dibutuhkan untuk membantu mengefektifkan proses pembelajaran bahasa asing. Adanya sebuah media pembelajaran yang mandiri dan kreatif menjadikan siswa dapat menikmati suasana belajar yang menyenangkan tanpa ada rasa paksaan. Sebuah media pembelajaran yang baik dipilih sesuai dengan lingkungan dan kondisi siswa. Media permainan ‘Berburu Kata’ yang berbentuk animasi dibuat memanfaatkan perkembangan teknologi komputer sehingga, dapat dimanfaatkan sebagai media pendidikan. Penggunaan media permainan ‘Berburu Kata’ membantu siswa menyelesaikan kesulitan dalam proses pembelajaran kosakata bahasa Mandarin. Dalam media permainan ‘Berburu Kata’ ditampilkan kolom permainan pīnyīn dan hànzi yang mudah dimainkan tanpa harus menambah sampah kertas.

Penelitian ini merupakan penelitian research and development. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan media dan menguji kualitas media permainan berburu kata meliputi aspek kevalidan, aspek keefektifan dan aspek kepraktisan menggunakan model penelitian pengembangan milik Sugiyono. Jenis data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Dalam pengembangan media dengan model milik Sugiyono ditemukan masalah dan potensi untuk dijadikan pengukuran awal penyusunan media. Selanjutnya, media divalidasi, direvisi beberapa kali dan diujikan sebelum diujicoba pemakainnya pada siswa. Dalam proses penelitian pada langkah menemukan potensi dan masalah diketahui kebutuhan siswa melalui penyebaran angket terhadap pengembangan media pembelajaran adalah 82,2%.

Kualitas media pada aspek kevalidan dari validasi ahli media sebesar 77% (baik) dan validasi ahli materi sebesar 80% (baik). Aspek keefektifan media berdasarkan hasil t-test diketahui bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari perbandingan pre-test dan post-test dengan hasil tscore 48,48 >ttabel 3,8 (10%, d.b =38). keefektifan media pada proses kegiatan pembelajaran melalui observasi dengan hasil pertemuan pertama sebesar 81,25% (sangat baik), pertemuan kedua 89,4% (sangat baik) dan pertemuan ketiga 79% (baik). Aspek Kepraktisan media permainan ‘Berburu Kata’ melalui kuesioner respon siswa diperoleh hasil persentase 88% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media permainan ‘Berburu Kata layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang membantu siswa dalam kegiatan pembelajaran kosakata bahasa Mandarin.

 

Media for lerning activities support are required in lerning foreign language. By using  an independent and creative learning media it will help the students to feel a joyful learning condition without any enforcement. A good learning media is chosen based on the circumstances and condition of the students. Animated ‘Berburu Kata ( Hunting Words)’ game media is designed by the advantage of computer development, so that it can be used as a learning media. The use of media ‘Berburu Kata (Hunting words) ’ game helps the students to solve their problem in Mandarin vocabulary learning process. In the media of ‘Berburu Kata’ game, it is shown the column of pīnyīn and hànzi which is easy to play in paper less way.

The study is research and development. Purpose of this study to describe development and measure quality of game Berburu Kata media in properness aspect, Effevtiveness aspect and practical aspect use Sugiyono research and development design. The data obtained is qualitative and quantitative data.Research and development Sugiyono design in found complication and potential for first formation media. Then, media get validation, revision and test. In process find the student complicatian and potencial with inqury  distributing is 82,2%.

Quality of media Based on the analysis of the data. It can be concluded that the properness aspect from media  validator is 77% (good) and from material validator is 80% (good). Effevtiveness aspect of media based on t-test, it can be showed that there is an increasing of students learning result from the comparison of pre-test and post-test. The result is also supported by the result of tscore 48,48 > ttable 3,8 (10%, db=38). Effevtiveness aspect of media on study processing based observation in first meeting is 81,25% (very good), second meeting is 89,4% (very good) and third meeting is 79% (good) Then, practical aspect of media ‘Berburu Kata’ is proven by the result of students response inqury it is showed 88% (very good). Based on the research result, it is concluded that media ‘Berburu kata’ is proper to be used as a learning media which can help students in learning Mandarin vocabularies.

 

Published
2017-05-12
How to Cite
EKA SAFITRI, M. (2017). Pengembangan Media Permainan Berburu Kata untuk Pembelajaran Kosakata Bahasa Mandarin pada Siswa Kelas XII MIA SMA Negeri 8 Surabaya Tahun Ajaran 2016/ 2017. Jurnal Bahasa Mandarin, 2(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/19338
Section
Articles
Abstract Views: 69
PDF Downloads: 383