Kesalahan Penggunaan Kata Penghubung 因此 yīncǐ dan 所以 suǒyǐ dalam Kalimat Bahasa Mandarin pada Mahasiswa Angkatan 2014 Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Surabaya

  • LISTA ANDRIANI

Abstract

Abstrak Bahasa memiliki peranan penting bagi kehidupan manusia yang tidak diragukan lagi. Bahasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan dalam menjalankan aktivitas. Dengan bahasa, manusia mampu mengomunikasikan segala hal. Jadi tidak berlebihan jika bahasa dikatakan sebagai alat komunikasi yang penting. Dalam memelajari bahasa kedua, pelajar sering mengalami kesalahan, termasuk dalam menggunakan kata penghubung 因此 dan 所以. Dalam penelitian ini dianalisis bentuk kesalahaan yang sering dilakukan dan penyebab terjadinya kesalahan penggunaan kata penghubung 因此 dan 所以 dalam kalimat bahasa Mandarin pada Mahasiswa angkatan 2014 Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik tes dengan menggunakan instrumen soal tes. Data dianalisis dengan teknik deskriptif interpretatif dengan prosedur (1) mengklasifikasikan data, (2) memperingkat kesalahaan, (3) mengklasifikasi kesalahan, (4) mendeskripsikan kesalahan, (5) mengoreksi kesalahan, dan (6) mencari penyebab kesalahan. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa letak kesalahan kata penghubung 因此 dan 所以 dalam kalimat bahasa Mandarin adalah mahasiswa belum bisa membedakan antara dua kata penghubung 因此 dan 所以 .Bentuk kesalahan yang sering dilakukan adalah kesalahan siasat permukaan berupa salah susun yang mencapai 53%. Adapun penyebab kesalahan menurut subjek penelitian adalah adanya pengaruh interferensi bahasa ibu, metode pengajaran yang belum maksimal, kurangnya pemahaman mahasiswa tentang kata penghubung 因此 dan 所以 ,minimnya penguasaan kosakata bahasa Mandarin, dan kurangnya latihan soal. Dengan penjelasan yang lebih rinci disertai dengan pemberian latihan soal diharapkan agar pelajar bisa mengurangi kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan, pelajar juga diharapkan lebih memperhatikan dengan teliti perbedaan struktur kalimat antara bahasa ibu dengan bahasa Mandarin. Kata Kunci: Kesalahan Berbahasa, Kata Penghubung 因此 dan 所以. Abstract Language has many important points for human life that undoubted. Language is used in daily life and activities. Using language, people can communicate everythings. So, it is common to say that language is very important for communicate. In learning language, learners are oftenly did errors especially in using conjunction 因此 and 所以. This research analyze about the place of errors, type of errors that oftenly occurs and why this errors happened in using conjunctions 因此 dan 所以 in chinese sentences to 2014 students of Chinese progam. This research used descriptive qualitative approach. And the technique was test technique by using question test instrument. The procedures were (1) clarify data (2) errors ranking (3) clarify errors (4) describe the errors (5) corrected the errors ,and (6) finding the errors causes. The results hows that errors in using conjunctions 因此 and 所以 in Chinese sentences is students can not differ between conjunctions 因此 and 所以. Type of errors that oftenly occurs is surface policy in mistake of arrange, that was 54%. And the errors causes are mother tongue negative interference effect, less of method instruct, less of understanding of conjunctions 因此 dan 所以, less of vocabularies mastery and less of exercises. With detail explanation, accompanied by exercises, hopefully that teacher can reduce the errors that students did, and also the learners will be more focus and thorough in differentiate between Chinese and mother tongue. Keywords: Language error, conjunctions, 因此, 所

Published
2017-09-22
How to Cite
ANDRIANI, L. (2017). Kesalahan Penggunaan Kata Penghubung 因此 yīncǐ dan 所以 suǒyǐ dalam Kalimat Bahasa Mandarin pada Mahasiswa Angkatan 2014 Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Bahasa Mandarin, 2(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/21891
Section
Articles
Abstract Views: 307
PDF Downloads: 89