PENGARUH PERMAINAN DART TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASAMANDARIN PADA SISWA KELAS XI BAHASA SMANEGERI 1 CERME GRESIK TAHUN AJARAN2016 /2017

  • HIDAYATUL LAILY

Abstract

Abstrak
Saat ini kebutuhan untuk belajar bahasa Mandarin sebagai bahasa asing sudah meningkat. Beberapa sekolah di Surabaya dan Gresik memilih bahasa Mandarin sebagai mata pelajaran bahasa asing tambahan selain bahasa Inggris. Seperti halnya di SMA Negeri1 Cerme Gresik, Bahasa Mandarin di sekolah tersebut menjadi mata pelajaran lintas minat bagi siswa kelas X, XI, dan XII Jurusan Bahasa. Namun, dalam proses pembelajaran bahasa Mandarin di SMA Negeri 1 Cerme Gresik saat ini masih terfokus pada metode ceramah sebagai penyampai materi. Hal tersebut siswa mengalami kesulitan dalam penguasaan kosakata bahasa Mandarin dikarenakan pembelajaran yang monoton dan tanpa adanya media pembelajaran. Oleh karena itu, media Dart diharapkan mempengaruhi penguasaan kosakata bahasa Mandarin siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Cerme.
Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah yaitu, 1) bagaimana penerapan media permainan Dart dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin pada siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Cerme Gresik tahun ajaran 2016 / 2017, 2) bagaimana pengaruh penerapan media permainan Dart terhadap penguasaan kosakata bahasa Mandarin pada siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Cerme Gresik tahun ajaran 2016 / 2017, 3) Bagaimana respon siswa terhadap penerapan media permainan Dart dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin pada siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Cerme Gresik tahun ajaran 2016 / 2017.
Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental design yang berjenis one group. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI Jurusan Bahasa SMA N 1 Cerme Gresik yang berjumlah 21 siswa, sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Cerme Gresik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan media permainan Dart pada kelas XI Bahasa. Di antara pemberian perlakuan pretest dan posttest, setelah itu terakhir yaitu pemberian angket respon siswa.
1) Berdasarkan Observasi aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran menggunakan media Dart memperoleh hasil yang baik. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil observasi guru pertemuan pertama dan kedua persentase sebesar 72% dan 90%, dan observasi aktivitas siswa pertemuan pertama dan kedua dengan persentase sebesar 63% dan 88%. Persentase tersebut dalam skala likert termasuk kedalam kriteria penilaian “baik dan sangat baik”. 2) Hasil analisis data yang diperoleh nilai uji t-signifikansi pretest dan posttest kelas eksperimen diketahui t-signifikan dengan taraf kepercayaan 95 % dan nilai signifikan 5 % diperoleh hasil t-signifikan sebesar 4,20. Dari hasil tersebut yang telah disebutkan dalam syarat bahwa apabila t-hitung > t- tabel maka ditolak diterima, karena t = 4,20 > 2,09. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media permainan Dart terbukti efektif dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin. 3) pada hasil angket respon siswa diketahui bahwa penggunaan media permainan Dart sangat bermanfaat dalam proses pembelajaran kosakata bahasa Mandarin. Sebanyak 29% siswa menyatakan setuju dan mengalami kesulitan dalam mengingat bahasa Mandarin, 48% siswa sangat setuju dengan proses pembelajaran kosakata dengan menggunakan permainan Dart mudah dipahami, 48% siswa menyatakan sangat setuju bahwa pembelajaran menggunakan permainan Dart lebih menarik dan menyenangkan, 57% siswa menyatakan sangat setuju dengan menggunakan permainan Dart membantu dalam mempelajari kosakata bahasa Mandarin, 52% siswa setuju bahwa permainan Dart dapat membantu dalam menghafal kosakata bahasa Mandarin, 52% siswa sangat setuju bahwa Permainan Dart kosakata membantu saya dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Mandarin. Berdasarkan angket, penggunaan media Dart
mendapat respon positif 80% dari siswa XI Bahasa SMA N 1 Cerme Gresik. Respon positif siswa ditunjukkan oleh tingginya skor angket butir 4, yaitu permainan Dart membantu saya dalam mempelajari kosakata bahasa Mandarin.


Kata Kunci : Pengaruh, Permainan Dart, Kosakata


Abstract


Currently the needs to learn Mandarin as foreign language has been greatly improved. Beside English language, Some schools in Surabaya and Gresik choose Mandarin as a foreign language beside English. As in Senior High School 1 Cerme Gresik, Mandarin become one of the cross-interest subjects for students of classes X, XI, and XII Language department. However, in the process of learning Mandarin in SMA N 1 Cerme Gresik is focused on the lecture method as a transmitter of material. The students have difficulty in mastering Chinese vocabulary because of the monotonous learning and without the learning media. Therefore, media Dart is expected to influence the vocabulary of Mandarin class XI Language students of Senior High School 1 Cerme Gresik.
The research has shown three statements of this problems, 1) how the application of media Dart game for learning Mandarin language vocabulary mastery to class XI language students Senior High School 1 Cerme Gresik year 2016/2017, 2) how the effect of application media Dart game for Mandarin language vocabulary mastery to class XI Senior High School 1 Cerme Gresik year 2016/2017, 3) how students response to the application of media Dart game for Mandarin language vocabulary mastery to class XI language students Senior High School 1 Cerme Gresik year 2016/2017.
This research is pre-experimental design using one group. The population in this study is students inXI language department class of SMA N 1 Cerme Gresik wich is amounted to 21 students, while the sample of this study is class XI language students Senior High School 1 Cerme Gresik. This research was conducted using Dart game media in class XI language. Among the pretest and posttest treatment, after that the last is the questionnaire of students response.
1) Based on observation of teacher and student activity in learning using media Dart get good result. This is evidence by the result of teacher activity. It can be proved by the observation result of teacher of first meeting and second percentage equal of 72% and 90%, and observation of students activity of first and second meeting with percentage equal to 63% and 88%. The percentage in the likert scale is included in the “good and excellent” scoring criteria. 2) the result based on the analysis of data obtained t-significance test value pretest and posttest experiment class unknown t-significant with 95% confidence level and 5% significant value obtained t-significant result of 4,20. From the result mentioned in the condition that if t – arithmetic > t-table then is rejected accepted, because t= 4,20 > 2,90. This shows that using the Dart game media proves to be effective in learning Mandarin vocabulary. 3) On the result of students response questionnaire is known the use of Dart game media is very useful in learning process of Chinese vocabulary. 29% of students agree strongly with vocabulary learning process using Dart game easily understood, 48% of students stated strongly agree that learning using Dart game is more interesting and fun, 57% of students stated strongly agree with using Dart game helps in learning Chinese vocabulary, 52% of students agree that Dart game help in memorizing Chinese vocabulary, 52% of students strongly agree that Dart vocabulary game helps me in improving Chinese vocabulary mastery. Based on the questionnaire, the use of Dart media received a positive response of 80% of students XI language SMA N 1 Cerme Gresik. The student’s positive response is shown by the high score of questionnaire 4, wich is the Dart game helping me in learning Chinese vocabulary.
Keywords : Influence,Dart Game, Vocabulary.
.

Published
2018-01-05
How to Cite
LAILY, H. (2018). PENGARUH PERMAINAN DART TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASAMANDARIN PADA SISWA KELAS XI BAHASA SMANEGERI 1 CERME GRESIK TAHUN AJARAN2016 /2017. Jurnal Bahasa Mandarin, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/22359
Section
Articles
Abstract Views: 155
PDF Downloads: 300