PENGEMBANGAN BUKU DONGENG POP-UP WANG LAO XIANSHENG UNTUK PEMBELAJARAN KOSAKATA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

  • ARIESA RESTIANTI BINAWATI

Abstract

Penelitian ini didasari dengan adanya permasalahan dalam pembelajaran bahasa Mandarin pada anak usia 4-5 tahun yakni keterbatasan bahan ajar bahasa Mandarin sehingga muncul gagasan buku dongeng pop-up. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan kualitas buku dongeng pop-up dengan menggunakan penelitian pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Dari penelitian tersebut dihasilkan proses pengembangan buku dongeng pop-up yang telah dilakukan namun tidak dikembangkan secara masal, serta kualitas buku dongeng pop-up yang dibuktikan dengan tiga aspek, yakni aspek kevalidan yang mendapatkan persentase masing-masing media 84% dan materi 98%, kemudian aspek keefektifan dibuktikan dengan hasil perbandingan tscore < tsignifikansi yakni 0,85 < 4,35 dan persentase dari observasi aktivitas pembelajaran 90,5% dan aspek kepraktisan yang dibuktikan dengan wawancara respon siswa 66,67% mengetahui hewan yang berada di dalam cerita selain itu 33,33% menyatakan buku dongeng pop-up tersebut bagus dan 26,67% ingin membawa buku dongeng pop-up pulang. Saran untuk penelitian selanjutnya yakni diperbanyak tema dalam buku dongeng pop-up.

This research based on problem in learning Mandarin language to kindergarten children age 4-5 years old is limitation of Mandarin language teaching material so that appear to create pop-up tale book. This research aim to describe pop-up tale book development process and quality with using research and development ADDIE’s model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The result of this research is development pop-up tale book process have done but pop-up tale book has not been developed massively, and pop-up tale book quality can be prove with three aspect, aspect of validation which gained from material and media 98% and 84%, then aspect of effectiviness can be prove ratio result tscore < tsignificant is 0,85 < 4,35 and percentage from observation of teaching activity 90,5% and aspect of practicality can be prove interview of student response is 66,67% knows all of animal on the tale in addition 33,33% clarify that pop-up tale book is good and 26,67% students say take pop-up tale book to home. The research suggestion for next research is create many more themes for pop-up tale book.

Published
2018-06-08
How to Cite
RESTIANTI BINAWATI, A. (2018). PENGEMBANGAN BUKU DONGENG POP-UP WANG LAO XIANSHENG UNTUK PEMBELAJARAN KOSAKATA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/23579
Section
Articles
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 74