Penggunaan Metode "Numbered Head Together" dalam Pembelajaran Penulisan Urutan Guratan Hanzi pada Siswa Kelas VII B SMP Shafta Surabaya

  • CHYESLER EMA MARIA BUDIMAN

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode Numbered Head Together dalam pembelajaran menulis urutan guratan汉字 (hànzì), mendeskripsikan pengaruh penerapan metode Numbered Head Together dalam pembelajaran menulis urutan guratan汉字 (hànzì) dan mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan metode Numbered Head Together dalam pembelajaran menulis urutan guratan汉字 (hànzì).

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan campuran yaitu pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Jenis rancangan penelitian ini adalah true-experiment design bentuk pre-test post-test control group design, yaitu dengan menggunakan dua kelas sebagai subjek penelitian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII tahun ajaran 2017-2018 dengan sampel kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen.

Hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan metode Numbered Head Together dalam pembelajaran menulis urutan guratan汉字 (hànzì) berjalan dengan baik. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas guru pertemuan pertama mendapatkan persentase sebesar 80%, sedangkan pertemuan kedua mendapatkan persentase yang sama yaitu sebesar 80%. Kemudian pada hasil observasi aktivitas siswa pertemuan pertama mendapatkan persentase sebesar 80%, sedangkan pertemuan kedua mendapatkan persentase sebesar 84%. Kedua hasil tersebut apabila dipresentasikan pada skala Likert termasuk pada kriteria baik dan sangat baik.

Berdasarkan analisis data menggunakan rumus t-signifikansi diperoleh diperoleh harga t0 = 4,40 dan db = 55, selanjutnya dikonsultasikan dengan melihat nilai tabel taraf 5%. Dengan harga t0 = 4,40 dan db = 55, maka diketahui harga ts0,05 = 2,00 menunjukkan t lebih besar dari t tabel (2,00). Maka harga t0 signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan antara kemampuan menulis urutan guratan 汉字 (hànzì) pada kelas eksperimen yang menggunakan metode Numbered Head Together dengan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah.

Hasil analisis angket respon siswa pada penggunaan metode Numbered Head Together dalam pembelajaran menulis urutan guratan汉字 (hànzì) dapat membantu siswa dalam memahami pembelajaran menulis urutan guratan汉字 (hànzì) dan dapat menambah motivasi belajar siswa. Hal ini menunjukkan respon positif dengan rata-rata nilai yang diperoleh berkisar 61%-100% yang menunjukkan kriteria baik dan sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Numbered Head Together berpengaruh dalam pembelajaran menulis urutan guratan汉字 (hànzì) pada siswa kelas VII SMP Shafta Surabaya.

Kata Kunci : memulis urutan guratan汉字 (hànzì), metode, Numbered Head Together

Abstract

This research goals are to describe the implementation of Numbered Head Together method in Hanzi strokes order writing studies, to describe the effect of Numbered Head Together method implementation in Hanzi strokes order writing studies and describe the students response to the use of Numbered Head Together method in Hanzi strokes order writing studies.

This research is an experimental research using mixed approach which is qualitative approach and quantitative approach. This research design types is true-experiment design in the shape of pre-test post-test control group design, which is by using two classes as the research subject. This research populations is all VII grade students year 2017 - 2018 with class VII A as the controlling class and class VII B as the experimental class as the sample.

The observation results for teachers and students activity in experimental class using Numbered Head Together method in Hanzi strokes order writing studies is good. It has proven with the observation results of the first meeting teacher activity got 80%, whereas the second meeting got the same percentage. Afterwards in the observation results of the first meeting students activity got 80%, whereas the second meeting got 84%. Both of those results if represented by Likert scale will be categorized as good and exceed.

Based on the data analysis using t-significance formula, we get the price t0 = 4,40 and db = 55, afterwards consulted by considering table value 5%. With the t0 = 4,40 and db = 55 price, then ts0,05 = 2,00 as the known price shows t is bigger than t table (2,00 < 4,00). Then t0 price is significant. So that, can be concluded that theres a significant difference between Hanzi strokes order writing skills in experimental class that use Number Head Together method and controlling class that use lectures method.

Analysis results of students questionnaire in the use of Numbered Head Together method in Hanzi strokes order writing studies could help the students in understanding Hanzi strokes order writing studies and could improve the students learning motivation. It shows positive response with average achieved score between 61%-100% that shows good and exceed criteria. So that can be concluded that the use of Number Head Together method takes effect in Hanzi strokes order writing studies on VII grade students of Shafta Junior High School Surabaya.

Keyword : Hanzi strokes order writing, method, Numbered Head Together

Published
2018-06-25
How to Cite
EMA MARIA BUDIMAN, C. (2018). Penggunaan Metode "Numbered Head Together&quot; dalam Pembelajaran Penulisan Urutan Guratan Hanzi pada Siswa Kelas VII B SMP Shafta Surabaya. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/23629
Section
Articles
Abstract Views: 85
PDF Downloads: 32