PENGARUH MEDIA FILM ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN BAGI SISWA KELAS I SD GODWINS SURABAYA

  • DEVINE MEILITA
  • URIP ZAENAL FANANI

Abstract

Abstrak

Bahasa merupakan faktor penting dalam interaksi sosial. Bahasa sendiri memiliki arti alat komunikasi yang berupa bunyi yang dihasilkan alat ucap manusia. Dalam mempelajari bahasa, juga belajar pula kosakata. Semakin banyak kosakata yang dikuasai, semakin mudah pula dalam mempelajari bahasa. Pembelajaran kosakata akan lebih menarik jika menggunakan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran adalah media film animasi. Media film animasi digunakan peneliti untuk mempermudah siswa dalam kemampuan penguasaan kosakata. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media film animasi dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin.

Jenis penelitian ini termasuk penelitian pre-experimental. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I-B SD Godwins Surabaya yang diberi perlakuan dengan menggunakan media film animasi dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin

Proses kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media film animasi pada siswa kelas 1-B telah terlaksana dengan baik. Hal tersebut dapat diketahui melalui lembar observasi guru diperoleh persentase sebesar 83,33%, hasil data observasi siswa diperoleh persentase sebesar 86,11% yang menunjukkan bahwa dalam proses kegiatan belajar mengajar bahasa Mandarin dengan menggunakan film animasi siswa dapat mengikuti pembelajaran.

Berdasarkan hasil dari perhitungan nilai siswa, diperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 90, dapat dikatakan baik. Penggunaan media film animasi dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin sangat berpengaruh terhadap kemampuan penguasaan pada siswa kelas 1-B SD Godwins dibanding dengan tanpa menggunakan media film animasi dapat dikatakan juga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut dibuktikan melalui hasil t-signifikasi sebesar 13,17 lebih besar dari nilai t=(Db=0,55).

Berdasarkan hasil perhitungan respon siswa, persentase respon siswa secara keseluruhan telah diperoleh nilai rata-rata sebesar 94,79%.

Kata Kunci: kosakata, media pembelajaran, film animasi

Abstract

Language is the most important factor in social interaction. Learning language does not escape the vocabulary. The more vocabulary mastery, than easier to learn the language. Learning media animation film used by researchers to facilitate students in learning. Vocabulary learning will be more interesting if using learning media. One of the learning media is animated film media. Animated film media used by researchers to facilitate students in vocabulary mastery skills. This research was conducted with the aim to describe the effect using ofanimation film media for vocabulary learning chinese language.

This research is pre experimental. Population and sample in this research is all students of class I-B SD Godwins Surabaya who were treated by using animated film media in learning Chinese vocabulary.

The process of learning activities by using animated film media on students of grade 1-B has been done well. It can be known through the teacher observation sheet obtained percentage of 83.33%, the results of student observation data obtained percentage of 86.11% which indicates that in the process of teaching and learning activities Mandarin students can follow the learning well.

Based on the result of the student test calculation, the average value of post-test is 90, it can be said good. The use of animated film media in learning Mandarin vocabulary is very influential in grade 1-B SD Godwins compared with without using animated film media can be said also Ho rejected and H1 accepted. It is proved through the result of t-signification of 13.17 is greater than the value t = (Db = 0,55).Based on the results of the student response calculation, the percentage of overall student response has obtained an average value of 94.79%.

Keyword: vocabulary, learning media, animation film

Published
2018-06-29
How to Cite
MEILITA, D., & ZAENAL FANANI, U. (2018). PENGARUH MEDIA FILM ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN BAGI SISWA KELAS I SD GODWINS SURABAYA. Jurnal Bahasa Mandarin, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/23708
Section
Articles
Abstract Views: 140
PDF Downloads: 385