Kesalahan Penggunaan Kata “理解” dan “了解” pada Mahasiswa Angkatan 2015 Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Fakultas Bahasa dan Seni Unesa

  • NOOR AZMIRA TRINOVITANIA
  • GALIH WIBISONO

Abstract

Abstrak

Di era modern saat ini, mempelajari bahasa asing merupakan suatu keharusan karena perkembangan zaman semakin pesat maka persaingan global semakin meningkat, kemampuan untuk berkomunikasi menggunakan bahasa asing pun menjadi sangat penting. Oleh karena itu, penting untuk generasi muda Indonesia sekarang memiliki second foreign language, selain bahasa Inggris, misalnya bahasa Mandarin Pada saat pembelajaran bahasa Mandarin tidaklah terlepas dari sebuah kesalahan berbahasa akibat dari interferensi bahasa ibu. Salah satunya dalam penggunakan kata “理解” dan “了解”. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk kesalahan dalam penggunaan kata kerja “理解” dan “了解”dan mendeskripsikan penyebab kesalahan-kesalahan dalam penggunaaan kata kerja“理解” dan “了解”pada mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Mandarin angkatan 2015 Unesa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan instrumen pengumpulan data berupa tes dan kuesioner. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa terdapat mahasiswa yang melakukan bentuk kesalahan yaitu kesalahan lokal dan salah susun. Kesalahan yang paling banyak terjadi yaitu salah susun dengan persentase kesalahan 69,50% kemudian kesalahan lokal dengan persentase kesalahan 49,11%. Penyebab kesalahan itu terjadi karena kurangnya penguasaan materi yang disampaikan, khususnya dalam kata “理解” dan “了解”.

Kata Kunci: Kesalahan berbahasa, kata“理解” dan “了解”

Abstract

Nowdays, learning a foreign language is a necessity because of the fast growing era of global competition will increase, the ability to communicate using a foreign language becomes very important. Therefore, it is important for Indonesias young generation now to master second foreign language. In addition to English, for example Mandarin. At the time of learning Mandarin is inseparable from a language error resulting from mother language interference, one of them in the use of the word “理解” and “了解”. The aim of this study is to describe the form of language errors, especially in the use of verbs “理解” and “了解”and describe the causes of language errors in the use of verbs“理解” and “了解”for 2015 students in Mandarin language education study program. Research method that used in this research is qualitative descriptive research with data collection instrument in the form of test and questionnaire. From the results of this study can be see that many students who make an eror that is wrong formation and wrong stacking. The most frequent errors are stacking error with error percentage 69,50% then wrong formation with error percentage 49,11%. The cause of the error occurs due to the lack of mastery of the material delivered especially in using the words “理解” and “了解”.

Kata Kunci: Error Analysis, “理解” and “了解”






Published
2018-08-07
How to Cite
AZMIRA TRINOVITANIA, N., & WIBISONO, G. (2018). Kesalahan Penggunaan Kata “理解” dan “了解” pada Mahasiswa Angkatan 2015 Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Fakultas Bahasa dan Seni Unesa. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/25148
Section
Articles
Abstract Views: 104
PDF Downloads: 254